Rauhanda Riyantama
Isco memenangan trofi Liga Champions bersama Real Madrid. (Twitter)

Bolatimes.com - Bursa transfer musim panas 2023 hadirkan sederet pesepak bola top Eropa yang justru berstatus pengangguran, hal ini tentu menarik diperhatikan.

Tak banyak yang bisa dilakukan para pemain ini meskipun statusnya sudah tergolong pesepak bola top dunia tidak cuma di Eropa.

Bursa transfer musim panas 2023 justru tidak bersahabat dengan mereka, beberapa pemain diperkirakan akan pindah secara gratis.

Baca Juga:
2 Pemain Barito Putera Dipanggil TC Timnas Indonesia U-17, Sang Pelatih Ikut Bangga

Lantas siapa saja para pemain bintangb yang bakal menyandang status pengangguran di bursa transfer musim panas 2023 ini?

Berikut deretan pesepak bola top dunia yang berstatus free agent di musim panas 2023 ini.

1. Alex Oxlade-Chamberlain

Baca Juga:
Diminati Klub Zlatan Ibrahimovic, Shayne Pattynama Senang dengan Kariernya yang Sesuai Harapan

Chamberlain bukan lagi pemain yang bisa diandalkan Liverpool, pergerakannya tak segesit saat ia didatangkan dari Arsenal.

Ia bahkan sempat jadi pemain kunci The Reds di ajang Liga Champions, namun setelahnya Chamberlain berkutat dengan cedera dan masalah kebugaran.

Di musim 2022-2023, Chamberlain hanya memainkan empat laga di Liga Inggris hingga berakhir dengan tidak diperpanjang kontraknya.

Baca Juga:
Beda Nasib dengan Asnawi Mangkualam, Striker Vietnam Sulit Bersinar di Kampung Halaman Shin Tae-yong

Usianya masih 29 tahun, Chamberlain dirumorkan bakal hijrah ke Liga Pro Saudi meskipun masih sebatas rumor.

2. Wilfried Zaha

Zaha sempat menjadi buronan para klub top Eropa, termasuk deretan tim papan atas Premier League namun pesonanya sedikit pudar.

Baca Juga:
Minati Shayne Pattynama, Klub Milik Zlatan Ibrahimovic Rela Rogoh Kocek Lebih Rp2 Miliar

Crystal Palace disebut tak lagi membutuhkan tenaganya, pemain internasional Pantai Gading ini akan berstatus free agent.

Setelah kontraknya berakhir bulan lalu, ia dirumorkan sedang menjadi incaran beberapa klub besar termasuk PSG, Al-Nassr dan Fenerbache.

3. Isco

Karier cemerlang Isco secara perlahan meredup usai tak lagi memainkan peran utama di skuad Real Madrid. Padahal ia dulunya sukses membawa Los Blancos juara Liga Champions sebanyak tiga kali beruntun.

Performanya menyusut dratis, terakhir hanya menjadi komoditas tak berharga di pasaran berstatus agen bebas.

Musim panas lalu Isco bergabung Sevilla, tapi klub tersebut justru mengakhiri kontrak sang pemain pada Desember. Jorge Sampaoli selaku pelatih Sevilla saat itu mengaku performa Isco jauh dari harapan mereka.

4. Sergio Ramos

Bek legendaris Spanyol ini belum mendapat kontrak perpanjangan dari PSG, kontraknya pun sudah habis pada akhir Juni lalu.

Pemain dengan sederet prestasi bersama Real Madrid, namun ia juga sukses mempersembahkan dua gela Ligue 1 bersama PSG.

Usianya sudah 37 tahun, Inter Miami pun dikaitkan bersama dua klub Arab Saudi, meski hingga kini belum diketahui kelanjutan masa depannya.

5. David De Gea

Kontrak David De Gea di Manchester United, isu gaji disebut jadi alasan Erik ten Hag mendepaknya dari skuad Setan Merah.

Andalan Sir Alex Ferguson pergi tanpa hormat, selama 12 tahun mengabdi ia angkat kaki dari Old Trafford usai tak diperpanjang kontrak.

Usianya masih 32 tahun, De Gea masih memiliki beberapa tahun lagi untuk bisa berkarier meski bukan di level atas sepak bola Eropa.

Kontributor: Eko
Load More