Husna Rahmayunita
Timnas Jepang U-17. (Instagram/@japanfootballassociation)

Bolatimes.com - Timnas Korea Selatan U-17 dan Jepang U-17 berebut gelar juara Piala Dunia U-17 2023. Menariknya, keduanya merupakan tim langganan juara kompetisi ini.

Korea Selatan dan Jepang akan adu kekuatan demi gelar juara Piala Asia U-17 pada Minggu (2/7/2023) malam WIB. Ini merupakan laga dua Raja Asia.

Mengutip laman the-afc.com, kedua negara ini masuk dalam pengoleksi gelar juara terbanyak di ajang ini.

Baca Juga:
Pemain yang Dicoret dari Naturalisasi Kenang Timnas Indonesia, Ivar Jenner Beri Perhatian

Berikut sepak terjang Korea Selatan dan Jepang di Piala Asia U-17:

1. Korea Selatan
Korea Selatan tercatat telah mengoleksi dua gelar juara di turnamen kelompok umur 17 tahun ini. Mereka sukses menjadi kampiun turnamen ini pada tahun 1986 dan 2002.

Pada turnamen edisi 1986 yang diselenggarakan di Qatar, Korea Selatan sukses mengandaskan sang tuan rumah dengan skor 5-4 melalui adu tendangan penalti.

Baca Juga:
Timnasnya Dihajar Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Presiden FA Thailand Mengundurkan Diri

Sementara pada Piala Asia U-17 edisi 2002 yang digelar di Uni Emirat Arab, Korea Selatan yang berhadapan dengan wakil Asia Barat, Yaman mengandaskan sang lawan dengan skor 5-3, juga melalui adu tendangan penalti.

Andai berhasil memenangi laga final melawan Jepang, Korea Selatan dipastikan akan memiliki tiga gelar juara pada turnamen U-17 milik AFC ini. Dengan demikian, maka the Young Taeguk Warriors akan memiliki koleksi tiga trofi, dan sama dengan yang dimiliki oleh Jepang saat ini.

2. Jepang

Baca Juga:
3 Kandidat Kuat Juara Liga Italia 2023-2024, Siapakah Pemenangnya?

Sejauh ini, dalam catatan konfederasi sepak bola Asia, Jepang merupakan negara dengan pengoleksi gelar juara terbanyak di turnamen U-17.
Tim Samurai Biru berhasil menjadi kampiun pada edisi 1994, 2006 dan 2018.

Pada partai final 1994, Jepang yang mencapai final pertamanya berhasil mengalahkan Qatar dengan skor 1-0 melalui perpanjangan waktu, kemudian pada edisi 2006 di Singapura, Jepang mengalahkan Korea Utara dengan skor 4-2 melalui adu tendangan penalti, dan yang terbaru, di Malaysia pada 2018 lalu, Jepang mengalahkan Tajikistan dengan skor tipis 1-0.

Bila sukses mengalakan Korea Selatan pada final esok hari, Jepang kian mengukuhkan gelar sebagai langganan juara Piala Asia U-17.

Baca Juga:
Media Inggris Salut dengan Sepak Bola Asia Tenggara, Sebut Indonesia Sebagai Negara Paling Menarik Perkembangannya

(Yoursay/Fuad A.T)

Load More