Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam. [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Bolatimes.com - Belakangan ini, muncul sebuah video yang diunggah akun TikTok, @sambelterasi052, yang narasinya menyebutkan soal komentar Hernan Crespo yang menyentil pelatih Timnas Argentina.

Dalam video tersebut, Hernan Crespo yang berstatus sebagai legenda sepak bola Argentina memberikan kritikan kepada pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni. Pasalnya, Lionel Scaloni enggan menyebut hal spesial dari Timnas Indonesia.

Narasi semacam ini berkembang setelah Timnas Argentina menumbangkan Indonesia dengan skor 2-0 di laga FIFA Matchday periode Juni 2023 yang berlangsung pada 19 Juni 2023 lalu.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Timnas Indonesia U-17 Dapat 5 Pemain Keturunan untuk Piala Dunia U-17 2023

“Hernan Crespo Sentil Pelatih Argentina Lionel Scaloni Karena Terlalu Angkuh Sebut Indonesia Tidak Ada yang Spesial,” bunyi tulisan dalam video unggahan akun TikTok @sambalterasi052 tersebut.

“Mantan pemain Timnas Argentina, Hernan Crespo, ikut sentil Lionel Scaloni yang mengatakan tidak ada yang spesial saat menghadapi Indonesia di FIFA Matchday 19 Juni 2023 kemarin,” bunyi keterangan di bawahnya.

Lalu, benarkah Hernan Crespo menyentil Lionel Scaloni karena tak mau mengatakan hal yang spesial dari skuad Merah Putih seusai laga melawan La Albiceleste? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

Baca Juga:
Beda dengan Konser Blackpink, Erick Thohir 'Diam' usai Rumput SUGBK Penyet karena Acara Partai

PENJELASAN

Apabila video berdurasi 54 detik ini disimak secara seksama, sebetulnya ada beberapa keterangan yang diklaim sebagai komentar Hernan Crespo yang patut diragukan kebenarannya.

“Saya banyak belajar di Asia. Banyak bibit yang berpotensi dapat mengubah persepsi dunia terkait sepak bola Asia. Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara mulai berbenah ke go international,” bunyi keterangan yang diklaim sebagai komentar Crespo.

Baca Juga:
3 Alasan Bima Sakti akan Buat Kejutan di Piala Dunia U-17 2023, Salah Satunya Faktor Kedekatan

“Semestinya Anda memuji para pemain Indonesia yang telah berjibaku meredam Argentina. Tidak perlu malu untuk mengakui kekuatan mereka karena sulit menembus kotak 16 mereka,” lanjutnya.

Dari penelusuran Bolatimes.com di dunia maya, tidak ditemukan sama sekali komentar Hernan Crespo yang dimuat oleh media massa. Artinya, sumber pernyataan Crespo tersebut patut diragukan asal usulnya.

Apabila Hernan Crespo memberikan pernyataan seperti itu, tentu media-media Indonesia bakal ramai-ramai memberitakannya. Namun, nyatanya tak ada pemberitaan sama sekali mengenai pernyataan ini.

Baca Juga:
Berkat Bantuan Timnas Indonesia, Posisi Vietnam di Ranking FIFA Zona Asia Naik

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video unggahan akun TikTok @sambalterasi052 mengenai sentilan Hernan Crespo terhadap Lionel Scaloni itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada sumber rujukan yang bisa diverifikasi untuk memastikan kebenaran pernyataan tersebut. Sehingga, informasi yang diedarkan melalui video itu dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More