Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Cristiano Ronaldo masuk Guinness World Record. (Twitter/ESPNFC)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo resmi tampil sebanyak 200 pertandingan bersama Portugal. Pencapaian itu membuatnya masuk Guinness World Records.

Striker 38 tahun itu membukukan caps ke-200 bersama Portugal ketika menghadapi tuan rumah Islandia dalam matchday keempat Grup J Kualifikasi EURO 2024, Rabu (21/6/2023) dini hari WIB.

Hebatnya, CR7 menandai momen bersejarah itu lewat gol menit-menit akhir yang mengantar timnas Portugal menang 1-0 atas Islandia di Laugardalsvöllur, Reykjavík.

Baca Juga:
Dua Mantan Menteri Resmi Jadi Petinggi Baru PT LIB, Empat Nama Lama Ini Ditendang

Goncalo Inacio menyambut sebuah umpan crossing di dalam kotak penalti dan menanduk bola ke arah gawang. Cristiano Ronaldo yang sejak awal mengintai, dengan mudah menyenggol bola masuk ke gawang.

Gol itu sempat direview wasit Daniel Siebert melalui video assistant referee (VAR), sebelum dinyatakan sah. Skor 1-0 untuk keunggulan Portugal pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Baca Juga:
Hasil Lengkap FIFA Matchday ASEAN: Malaysia Ngamuk Bantai Papua Nugini 10-0, Vietnam Bungkam Suriah

Sebelum jadi pesepak bola putra pertama yang menggapai 200 caps bersama tim nasional, Ronaldo menyamai rekor caps legenda Kuwait Bader Al-Mutawa pada 2022.

Saat itu, dia mencatatkan 196 penampilan untuk Portugal yang dicapainya sejak menjalani debut pada 20 Agustus 2003, sebelum resmi memecahkan rekor Al-Mutawa pada Maret tahun ini.

Kini, cuma berselang empat bulan, tepatnya pada 21 Juni, eks pemain Manchester United itu tak hanya melampaui caps para pemain legendaris, tetapi juga menciptakan sejarah yang belum pernah tercipta sebelumnya.

Baca Juga:
Argentina Menang Susah Payah, Giovani Lo Celso Sandingkan Timnas Indonesia dengan Australia

Ronaldo mendapat penghargaan dari Guinness World Records sebelum berlangsungnya laga Islandia vs Portugal.

Dia diberi sertifikat resmi pemegang rekor dan menerima jersey Portugal bertuliskan namanya dengan nomor "200".

Sebelum menciptakan rekor mentereng tersebut, Ronaldo sudah berkali-kali mencetak sejarah di dunia sepak bola profesional.

Baca Juga:
3 Agenda Timnas Indonesia Senior usai Laga Kontra Argentina, Salah Satunya Piala Asia

Cristiano Ronaldo saat ini juga jadi pemegang rekor top skor sepanjang masa di tim nasional. Dia sejauh ini telah mengoleksi 123 gol untuk Selecao das Quinas.

Load More