Irwan Febri Rialdi
Pelatih Al-Nassr Rudi Garcia berbicara kepada para pemainnya selama pertandingan sepak bola Liga Pro Saudi antara Al-Nassr dan At-Tai di Stadion Mrool Park di ibu kota Saudi, Riyadh pada 6 Januari 2023. (AFP)

Bolatimes.com - Rudi Garcia resmi menjadi pelatih baru Napoli untuk menggantikan posisi Luciano Spalletti. Usai membawa Napoli juara Serie A musim lalu, Spalletti memutuskan mundur.

Tak butuh waktu lama buat Napoli untuk mendapatkan pelatih baru dalam sosok Rudi Garcia. Pemilihan Garcia diyakini karena ia merupakan pelatih yang sudah paham dengan sepak bola Italia.

"Aurelio De Laurentiis dengan senang hati mengumumkan Rudi Garcia telah ditunjuk sebagai pelatih kepala Napoli," bunyi pernyataan resmi Napoli.

Baca Juga:
Untung Besar, Intip Keuntungan AFA seusai Lakoni Tur Asia di FIFA Matchday Juni 2023

"Presiden ingin memberikan sambutan hangat dan mendoakan yang terbaik untuknya."

Lantas, lima klub mana saja yang terakhir dilatih oleh Rudi Garcia sebelum menjadi nakhoda anyar Napoli?

1. AS Roma

Baca Juga:
Dua Pemain Termuda di Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Siapa yang Bersinar?

Rudi Garcia sendiri sudah tidak asing bagi Serie A. Pelatih berusia 59 tahun itu sebelumnya pernah menjadi pelatih AS Roma. Garcia menangani Roma selama sekitar 2,5 musim.

Dia membawa Giallorossi menjadi runner-up di bawah Juventus pada musim 2013/2014 dan 2014/2015. Akan tetapi, Garcia dipecat pada pertengahan musim 2015/2016 usai Roma mendapat serangkaian hasil buruk.

2. Lille

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Argentina Kontra Indonesia versi Media Inggris: Alvarez dan Garnacho Starter!

Sebagai pelatih yang lahir dan besar di Prancis, Rudi Garcia memang lebih banyak menghabiskan karier kepelatihannya di Prancis.

Bahkan salah satu karier tersuksesnya ada saat melatih Lille. Ia melatih Lille sejak Juni 2008 hingga Juni 2013. Selama lima musim itu, Garcia mempersembahkan satu trofi Liga Prancis dan Coupe de France.

3. Marseille

Baca Juga:
Adu Prestasi Shin Tae-yong vs Lionel Scaloni, Siapa Paling Banyak Raih Gelar?

Setelah dipecat oleh AS Roma pada Januari 2016, Rudi Garcia langsung mendapat pekerjaan sebagai pelatih Marseille pada Oktober tahun yang sama.

Total 2,5 musim Rudi Garcia melatih Marseille dengan prestasi terbaiknya membawa tim tersebut menjadi runner-up Liga Europa 2017/18.

4. Lyon

Rudi Garcia kembali melatih klub Prancis usai tak bekerja di Marseille. Ia ditunjuk menjadi pelatih Lyon pada Oktober 2019 hingga Mei 2021.

Meski punya persentase kemenangan 53,85% selama dua musim, Rudi Garcia akhirnya dipecat pada Mei 2021.

5. Al Nassr

Klub terakhir yang dilatih oleh Rudi Garcia sebelum membesut Napoli adalah klub kaya raya Liga Arab Saudi, Al Nassr. Ia ditunjuk melatih Al Nassr pada Juni 2022.

Di Al Nassr, Rudi Garcia mampu membawa timnya menjadi runner-up Liga Arab Saudi. Namun prestasi itu dirasa tak cukup hingga akhirnya ia dipecat per April kemarin.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More