Rauhanda Riyantama
Jude Bellingham gabung Real Madrid. (Twitter)

Bolatimes.com - Pesepak bola asal Inggris, Jude Bellingham, tercatat sebagai pesepak bola asal Negeri Raja Charles terbaru yang berkarier bersama Real Madrid. Sebelumnya, sudah ada banyak pendahulu yang mencatatkan karier serupa.

Pemain asal Inggris memang tak begitu banyak mencatatkan kiprahnya bersama Real Madrid. Kalaupun ada, mereka merupakan pesepak bola yang punya status mentereng dan bintang dunia.

Dalam catatan sejarah, pesepak bola asal Inggris pertama yang menginjakkan kakinya di Real Madrid baru terjadi pada tahun 1979. Sejak saat itu, jejak ini diikuti oleh beberapa pemain bintang.

Baca Juga:
Kisah Laurie Cunningham, Pemain Asal Inggris Pertama yang Berseragam Real Madrid

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan pesepak bola asal Inggris yang pernah mencatatkan kiprahnya bersama Real Madrid sebelum munculnya nama Jude Bellingham.

1. Laurie Cunningham

Laurie Cunningham menjadi pemain asal Inggris pertama yang menginjakkan kakinya bersama Real Madrid. Sebelum transfer ini terjadi, dia sempat mengukir kiprah luar biasa bersama West Bromwich Albion.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Argentina Lawan Timnas Indonesia, Alejandro Garnacho dan Julian Alvarez Starter

Kepindahannya terjadi pada musim 1979. Kabarnya, ketika itu Los Blancos harus mengeluarkan dana sebesar 950 ribu poundsterling untuk merekrutnya.

2. Steve McManaman

Winger legendaris Timnas Inggris, Steve McManaman, juga memutuskan untuk berkarier bersama Real Madrid. Ketika itu, dia tampil luar biasa bersama Liverpool.

Baca Juga:
Baru Dapat Kontrak Profesional dari Klub Belanda, Zico Soree Masih Simpan Hasrat Bela Timnas Indonesia

Transfer ini terjadi pada 1 Juli 1999 dan menjadi pemain terakhir yang direkrut pelatih Real Madrid, Guus Hiddink, sebelum dipecat.

3. David Beckham

Megabintang asal Inggris, David Beckham, juga pernah merasakan kariernya yang luar biasa bersama Real Madrid setelah meninggalkan Manchester United pada 2003.

Baca Juga:
Momen Emosional Sandy Walsh Ziarah ke Makam Kakek Buyut di Sela Kesibukannya Bersama Timnas Indonesia

Kedatangan David Beckham saat itu melengkapi proyek Galacticos Real Madrid di era Presiden Florentino Perez. Biaya yang dibutuhkan untuk transfer ini mencapai 37 juta euro.m

4. Michael Owen

Setelah David Beckham, musim berikutnya Real Madrid kembali mendatangkan pesepak bola bintang asal Inggris, yakni Michael Owen, yang mengukir kiprah luar biasa bersama Liverpool.

Dia juga datang di era Galacticos dan bermain bersama Ronaldo, Roberto Carlos, Raul, Luis Figo, dan Zinedine Zidane. Namun, kiprah Owen bersama Los Blancos tak begitu istimewa. Dia hanya bisa mencetak 13 gol selama semusim.

5. Jonathan Woodgate

Kejutan transfer lainnya yang pernah dibuat Real Madrid ialah saat mendatangkan Jonathan Woodgate pada Agustus 2004. Biayanya saat itu mencapai 13,4 juta poundsterling.

Transfer ini memang sempat melahirkan tanda tanya mengingat Woodgate lebih banyak absen bersama Newcastle dan dia dalam kondisi cedera saat direkrut oleh Real Madrid.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More