Rauhanda Riyantama
Laurie Cunningham, pemain pertama asal Inggris yang bermain di Real Madrid. (Twitter)

Bolatimes.com - Jauh sebelum nama-nama kekinian seperti Jude Bellingham hingga sosok legendaris seperti David Beckham, pesepak bola asal Inggris yang pertama kali menjadi pemain Real Madrid ialah Laurie Cunningham.

Apabila merujuk dalam catatan sejarah, Laurie Cunningham menjadi pemain asal Inggris pertama yang pernah berseragam Real Madrid. Kiprahnya lalu membuka jalan bagi pesepak bola lainnya asal Negeri Raja Charles untuk bermain bersama Los Blancos.

Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini memang tak ujug-ujug langsung berkarier bersama Real Madrid. Sebab, dia sempat mengawali perjalanan kariernya bersama sejumlah klub lokal terlebih dahulu.

Baca Juga:
Baru Dapat Kontrak Profesional dari Klub Belanda, Zico Soree Masih Simpan Hasrat Bela Timnas Indonesia

Pada 1974-1977, misalnya, pesepak bola kelahiran London ini sempat bermain bersama klub kasta kedua, Leyton Orient, selama tiga tahun. Setelah itu, dia memutuskan untuk pindah ke West Bromwich Albion.

Sebelum pindah ke West Brom, Cunningham sempat mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Arsenal. Namun, dia akhirnya ditolak oleh klub berjulukan The Gunners itu. Akhirnya, dia memutuskan pindah ke West Brom.

Kepindahannya inilah yang membuat kariernya melesat. Laurie bermain bersama Cyrille Regis dan Brendon Batson di bawah asuhan pelatih Ron Atkinson. Trisula ini menjadi salah satu yang mematikan di Inggris saat itu.

Baca Juga:
Momen Emosional Sandy Walsh Ziarah ke Makam Kakek Buyut di Sela Kesibukannya Bersama Timnas Indonesia

Bahkan, mereka mendapatkan julukan “The Three Degrees”, sebuah istilah yang disematkan oleh Atkinson yang merujuk pada grup pemain berjiwa Amerika dengan nama yang sama.

Kiprahnya inilah yang membuat Laurie Cunningham sukses memikat Real Madrid. Dia pun direkrut pada 1979 dan mengukir sejarah baru sebagai pemain Inggris pertama yang bermain untuk Los Blancos.

Selama memperkuat tim asal Ibu Kota, Cunningham sukses mempersembahkan sejumlah prestasi selama lima tahun. Mulai dari satu gelar La Liga hingga dua trofi Copa del Rey.

Baca Juga:
Profil Phnom Penh Crown FC, Klub Kamboja yang Jadi Lawan PSIS Semarang di Laga Uji Coba

Sayangnya, setelah itu kiprahnya sempat mengalami penurunan. Dia sempat berpindah-pindah klub, mulai dari Manchester United, Sporting Gijon, Marseille, Leicester City, Rayo Vallecano, dan lain-lain.

Namun, kisahnya berakhir tragis. Sebab, Laurie Cunningham meninggal dunia pada usia 33 tahun saat mengalami kecelakaan lalu lintas di Madrid pada medio 15 Juli 1989.

Baca Juga:
Takjub, Media Korea Soroti Siasat Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia vs Argentina

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More