Irwan Febri Rialdi
Gaston Edul, jurnalis asal Argentina. (Instagram/@TyCSports)

Bolatimes.com - Mengenal Gaston Edul, jurnalis Argentina yang membocorkan bahwa Lionel Messi tak ikut ke Indonesia. Prediksinya kini menjadi kenyataan.

Penggemar sepak bola Indonesia harus berujung kecewa gegara Lionel Messi absen alias tak ikut Timnas Argentina melawan Timnas Indonesia dalam FIFA Matchday pada Senin, (19/6/2023), di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). 

Kabar tersebut pertama kali digaungkan oleh wartawan senior Argentina, Gaston Edul. Gaston yang kerap mewawancarai Leo Messi menyatakan sang mega bintang La Albiceleste tak menyusul timnya usai melawan Australia di Beijing. Otomatis, Messi tak akan datang ke Indonesia untuk bertanding.

Baca Juga:
Pemain Argentina Mulai Terbang ke Jakarta, Netizen Indonesia Sudah Siap Bongkar Tempat Menginap Skuad La Albiceleste?

"Leo Messi akan menjadi starter di laga melawan Australia, namun dia tidak akan terbang ke Indonesia. Dia tidak akan bermain di laga kedua (Argentina),” jelas Gaston Edul di twitter pribadinya, @gastonedul, Selasa (13/6/2023).

Sontak, Edul yang membeberkan kabar itu jadi sorotan fans sepak bola Indonesia yang kadung kecewa lantaran Messi tak akan datang ke Tanah Air.

Siapakah Gaston Edul?

Baca Juga:
Posting Skuad La Albiceleste, Akun Federasi Sepak Bola Argentina Langsung Digeruduk Netizen Indonesia

Publik langsung bertanya-tanya soal Gaston Edul tersebut. Bagi para fans Timnas Argentina tentu sudah tak asing dengan sosoknya. Sebab, Edul kerap membersamai La Albiceleste ke berbagai pertandingan untuk menulis berita tentang kiprah Timnas Negeri Tango itu.

Mengutip biodata Gaston Edul, ia lahir pada 1 September 1974 di Buenos Aires, Argentina. Ia merupakan tamatan jurusan Komunikasi Universitas Buenos Aires, Argentina.

Usai lulus kuliah Edul memulai karirnya di bidang jurnalistik pada radio Mitre, Argentina sekitar tahun 2006. 

Baca Juga:
Timnas Argentina Sudah Berangkat Menuju Indonesia, Siap Hadapi Skuat Garuda

Kepiawaian Edul sebagai jurnalis mendapat perhatian dari berbagai kanal pemberitaan olahraga. Ia kini menjadi rujukan tabloid-tabloid olahraga seperti ESPN, TyC Sports, dan La Nación.

Dilansir oleh beberapa kanal pemberitaan lokal Argentina, Edul juga sempat berkarier di ESPN Latin America pada tahun 2003 dan telah meliput beberapa pertandingan penting seperti FIFA World Cup, the Olympics, and the Copa Libertadores.

Wartawan veteran Argentina ini juga bergabung dengan Fox Sports pada tahun 2014 dan menjadi presenter berbagai acara olahraga di stasiun televisi tersebut.

Baca Juga:
Profil Bambang Nurdiansyah, Pelatih Senior yang Sentil Naturalisasi Timnas Indonesia, Bandingkan dengan SEA Games

Kala Piala Dunia 2022 di Qatar, Edul bergabung dengan TyC Sports dan meliput ajang olahraga bergengsi itu. Edul juga menyaksikan bagaimana Messi dan skuadnya membantai habis Prancis di Final Piala Dunia tersebut.

Bahkan, Edul sempat mewawancarai Messi usai memboyong trofi FIFA World Cup 2022 pulang ke Argentina.

Edul juga diketahui aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, hingga TikTok. Edul melalui kanal media sosialnya kerap membagikan informasi kekinian terkait kiprah Timnas Argentina ke publik.

Kontributor Suara.com: Armand Ilham

Load More