Rauhanda Riyantama
Selebrasi Jude Bellingham usai cetak gol saat Inggris lumat Iran 6-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Real Madrid resmi mengumumkan perekrutan gelandang asal Inggris, Jude Bellingham. Los Blancos kabarnya harus menebus pemain 19 tahun itu senilai 103 juta euro (sekitar Rp1,65 triliun) dari Borussia Dortmund.

Bellingham akan diumumkan sebagai pemain Real Madrid pada Kamis (15/6/2023) siang waktu setempat setelah menandatangani kontrak berdurasi enam tahun.

"Klub kami telah merekrut salah satu talenta terhebat di dunia, seorang gelandang yang berasal dari Borussia Dortmund dan tiba di Madrid setelah terpilih sebagai pemain terbaik di Bundesliga," kata Real Madrid dalam situs resmi mereka.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Bungkam Wakil Malaysia, Rinov/Pitha Maju ke Perempat Final

Bellingham menjadi pemain ketiga yang didatangkan Real Madrid dengan nilai transfer minimal 100 juta euro setelah Gareth Bale (2013) dan Eden Hazard (2019).

Meski baru berusia 19 tahun, Bellingham telah menjadi starter di tim nasional senior Inggris karena penampilannya yang luar biasa dan konsisten sejak bergabung Borussia Dortmund dari Birmingham pada 2020.

Bellingham bergabung dengan Dortmund dari Birmingham City seharga 25 juta pound, yang membuatnya menjadi pemain berusia 17 tahun termahal dalam sejarah sepak bola.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Langkah Rehan/Lisa dan Praveen/Melati Terhenti di Babak 16 Besar

Gelandang box to box itu dikenal karena memiliki kemampuan kontrol bola yang luar biasa, dia kemudian dengan cepat menjadi pemain reguler di tim Dortmund dan tampil lebih dari 30 kali sebagai starter dalam dua musim terakhirnya di Jerman.

Penampilannya menarik perhatian manajer Inggris Gareth Southgate, yang menjadikan Bellingham pemain Inggris termuda yang mewakili negaranya di turnamen besar selama Euro 2020.

Bellingham kemudian dipercaya Southgate sebagai pilihan utama lini tengah timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Dia selalu tampil di seluruh lima pertandingan timnas Inggris di Qatar sebelum disingkirkan Prancis di perempat final.

Baca Juga:
Ditanya soal Target Lawan Argentina, Shin Tae-yong: Saya Sangat Bingung, Lawannya Ranking FIFA Nomor Satu

Sebelum resmi direkrut Madrid, Bellingham dikaitkan dengan sejumlah klub Liga Premier Inggris termasuk Liverpool, yang terpaksa mundur dalam persaingan mendapatkan tanda tangannya karena harga yang diminta oleh Dortmund.

Di Real Madrid, dia akan bergabung dengan talenta-talenta lini tengah muda bersama Federico Valverde, Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni.

Real Madrid sendiri saat ini sedang dalam proses membangun kembali skuat mereka menyusul kepergian pemain-pemain seperti Karim Benzema, Hazard, Marco Asensio dan Mariano Diaz.

Baca Juga:
3 Penyebab Timnas Indonesia Cuma Main Imbang Lawan Palestina meski Banyak Bikin Peluang Emas

Load More