Irwan Febri Rialdi
Ekspresi pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, saat menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2017. [Humas PBSI]

Bolatimes.com - Indonesia Open 2023, pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil membungkam wakil Malaysia Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing, sekaligus maju ke babak perempat final.

Rinov/Pitha berhasil meraih kemenangan melalui dua gim langsung 21-17, 21-16.

Gim pertama dimulai Rinov/Pitha dengan mantap dan memaksa Tan/Lai untuk bermain cepat namun tetap sabar, sehingga akhirnya poin demi poin terus mengalir untuk pasangan Indonesia. Meski demikian, hingga interval gim pertama, Tan/Lai mencoba membalas serangan peraih medali perunggu SEA Games 2019 Filipina itu hingga beberapa kali menyamakan kedudukan.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Langkah Rehan/Lisa dan Praveen/Melati Terhenti di Babak 16 Besar

Rinov/Pitha sempat unggul hingga akhirnya memasuki poin kritis 19-16 dan 20-17. Pasangan Indonesia memaksa Tan/Lai jatuh-bangun menyelamatkan bola-bola sulit yang disuguhkan baik oleh Rinov dan Pitha. Gim pertama yang berlangsung selama 21 menit itu pun berakhir dengan kemenangan Rinov/Pitha dengan skor 21-17.

Pada gim kedua, Rinov/Pitha memulai dengan pola permainan yang tak jauh berbeda dengan gim sebelumnya, sementara lawan juga menanggapi serangan dengan baik dan perebutan poin ketat pun terus terjadi beriringan.

Rinov/Pitha sempat unggul 6-3 sebelum akhirnya Tan/Lai mencoba mengejar ketertinggalan dan terpaut satu angka saja dari mereka 8-7 dan 10-9.

Baca Juga:
Ditanya soal Target Lawan Argentina, Shin Tae-yong: Saya Sangat Bingung, Lawannya Ranking FIFA Nomor Satu

Bola-bola sulit yang ditempatkan kedua pasangan semakin menambah tekanan untuk satu sama lain, namun, dengan kesabaran dan dukungan para penggemar yang memadati Istora membuat Rinov/Pitha berhasil merebut interval gim kedua.

Kepercayaan diri semakin terbangun untuk satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di sektor ganda campuran di turnamen berlevel Super 1000 itu. Rinov/Pitha semakin memperlebar jarak dengan Tan/Lai 19-12.

Di poin kritis, pasangan Malaysia masih mencoba memperpanjang permainan dan meraih empat poin beruntun usai match point yang didapatkan Rinov/Pitha. Dengan tenang, akhirnya pasangan Indonesia memastikan maju ke babak perempat final usai mengemas skor 21-16.

Baca Juga:
3 Penyebab Timnas Indonesia Cuma Main Imbang Lawan Palestina meski Banyak Bikin Peluang Emas

Dengan kemenangan ini, Rinov/Pitha akan bertemu dengan unggulan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino di babak selanjutnya di Indonesia Open 2023.

Sementara, dua ganda campuran Indonesia Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti harus terhenti langkahnya di babak kedua turnamen yang masuk dalam rangkaian Race to Olympic 2024 itu.

(Antara)

Baca Juga:
Media Argentina Bongkar Lionel Messi Sejatinya Ikut Main Lawan Timnas Indonesia, Tapi Batal Gara-gara Inter Miami

Load More