Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Lee Kang-in, pemain muda asal Korea Selatan yang belakangan dirumorkan akan direkrut oleh Paris Saint-Germain untuk menggantikan Lionel Messi.

Paris Saint-Germain atau biasa disebut PSG mulai berbenah usai Messi memutuskan pergi dengan status bebas transfer di musim panas 2023 ini.

Pemain berjuluk La Pulga itu memilih hengkang karena enggan meneken kontrak anyar yang akan habis pada 30 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga:
Santuy Hadapi Malaysia, Timnas Kepulauan Solomon Cuma Diperkuat Satu Pemain Profesional

Kepergian Messi pun membuat PSG bertekad mencari penggantinya. Nama seperti Bernardo Silva sempat menjadi calon pengganti yang didekati klub asal Paris itu.

Tapi rumor tersebut perlahan meredup, setelah PSG dilaporkan justru mendekati bintang muda milik Mallorca, yakni Lee Kang-in.

Pemain berusia 22 tahun itu didekati PSG untuk menambah amunisi di lini serang bersama Marco Asensio yang akan bergabung, pasca kepergian Messi.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Setelah Dibujuk Erick Thohir, Argentina FA Resmi Datangkan Lionel Messi ke Indonesia

Dilaporkan oleh pakar transfer ternama, Fabrizio Romano, PSG pun telah mencapai kata sepakat dengan Lee Kang-in dan tinggal merampungkan transfernya dengan Mallorca.

Transfer ini pun seketika menjadi kejutan tersendiri. Apalagi dengan status PSG yang notabene tim besar, tapi mau melirik pemain muda dari Asia sebagai pengisi kekosongan Messi.

Lantas, siapakah sosok Lee Kang-in itu? Berikut profilnya.

Baca Juga:
Indonesia Open 2023: Tumbang, Chico Wardoyo Ungkap Penyebab Dirinya Kalah dari Pebulu Tangkis Singapura

Mantan Pemain Muda Terbaik Asia

Lee Kang-in merupakan pesepak bola asal Korea Selatan yang lahir di Incheon pada 19 Februari 2001 atau saat ini berusia 22 tahun.

Meski lahir di Korea Selatan, karier sepak bola Lee Kang-in lebih banyak dihabiskan di Spanyol. Usai menimba ilmu di Incheon United sejak 2009, ia hijrah ke negeri Matador pada 2011 dan bergabung Valencia.

Baca Juga:
Tak Disangka, Rafael Struick Dapat Julukan Baru karena Bikin Kaum Hawa Terpincut

Di akademi Valencia, Lee Kang-in pun mengasah bakatnya, sehingga ia terus naik kelas dan bermain untuk Valencia B atau tim cadangan.

Usai debut di tim B, Lee Kang-in mendapat kesempatan debut di tim utama pada Oktober 2018 atau saat usianya baru 17 tahun, kala Valencia berhadapan dengan Ebro di Copa del Rey.

Lalu, Lee Kang-in debut di La Liga 2018/2019 pada usia 17 tahun 10 bulan dan 24 hari, yang membuatnya menjadi debutan termuda kedua pada musim tersebut.

Debut Lee Kang-in berlanjut di Liga Champions 2019/2020. Ia menjalani debut kala Valencia berhadapan dengan Chelsea, dan membuatnya menjadi pemain Korea Selatan termuda yang debut di kompetisi itu, yakni pada usia 18 tahun.

Selama bermain bagi Valencia, Lee Kang-in mampu mencatatkan total 62 penampilan dengan sumbangan tiga gol dan empat assist.

Pemain yang berposisi gelandang serang ini kemudian meninggalkan Valencia pada pada 2021, usai diboyong Mallorca dengan status bebas transfer.

Di Mallorca, Lee Kang-in mampu menjadi andalan dan mencatatkan tujuh gol serta 10 assist dari 73 pertandingan dari 2021 hingga 2023 ini.

Di musim 2022/2023 lalu, Lee Kang-in menorehkan catatan individu terbaiknya selama berkarier, dengan melesakkan enam gol dan tujuh assist dari 36 laga di La Liga 2022/2023.

Kiprahnya itulah yang membuat PSG tertarik memboyongnya. Apalagi gaya bermain Lee Kang-in hampir mirip dengan Messi, yakni mampu melakukan dribel dan melewati lawan dengan mudah.

Karena berkarier di Eropa sejak muda, Lee Kang-in pun sudah menjadi andalan Timnas Korea Selatan sejak level muda, di mana ia terlebih dulu bermain di tim U-20 pada Piala Dunia U-20 2019.

Di ajang itu, Lee Kang-in yang belum genap berusia 20 tahun mampu membawa Korea Selatan menjadi Runner Up dengan dua gol dan empat assistnya.

Catatan itu pun membuat Lee Kang-in meraih Golden Ball atau gelar pemain terbaik turnamen dan membawanya menjadi pemain muda terbaik Asia pada 2019.

Kini, Lee Kang-in pun telah masuk tim utama Korea Selatan. Ia melakoni debut pada 2019 dan telah mencatatkan 12 penampilan bersama negaranya, termasuk di Piala Dunia 2022.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More