Rauhanda Riyantama
Pep Guardiola sukses raih trofi Liga Champions bersama Manchester City. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih top yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Champions. Menjuarai Liga Champions adalah impian bagi seluruh pelaku sepak bola, baik klub, pelatih, dan pemain yang berkiprah di Eropa.

Kompetisi tersebut menjadi salah satu kompetisi sakral yang sulit untuk dimenangkan, karena harus melawan tim-tim terbaik dari seluruh penjuru Eropa.

Untuk menjuarai ajang ini, tak hanya dibutuhkan pemain-pemain hebat saja, melainkan juga pelatih yang hebat dan taktik yang jitu.

Baca Juga:
Poin FIFA yang Didapat Timnas Indonesia jika Kalahkan Palestina, Liberia Ketar-ketir

Tak percaya? Lihat saja Manchester City yang banyak dihuni pemain bintang sejak kedatangan Sheikh Mansour pada 2008 silam.

Butuh 15 tahun lamanya bagi Manchester City untuk bisa merengkuh gelar Liga Champions usai mendatangkan ratusan pemain dan beberapa pelatih ternama dengan menggelontorkan dana triliunan.

Bahkan saking sulitnya menjuarai Liga Champions, pelatih top sekelas Arsene Wenger saja tak bisa mengangkat Si Kuping Besar dan rela jika trofi emas Arsenal di Liga Inggris ditukar dengan trofi ajang tersebut.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi yang Akan Jadi Sorotan di Laga Timnas Indonesia vs Palestina, Ada Eks Israel

Kesulitan yang dirasakan Wenger ini tampaknya tak berlaku bagi beberapa pelatih yang bisa menjuarai Liga Champions hingga berkali-kali.

Siapa saja pelatih yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Champions? Berikut daftarnya.

1. Carlo Ancelotti

Baca Juga:
Datang Telat, Pemain Kesayangan Shin Tae-yong Ditunjuk Jadi Kapten Lawan Palestina? Hal Ini Jadi Indikasi

Carlo Ancelotti menjadi pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Champions, yakni sebanyak empat kali bersama dua tim berbeda.

Pria yang akrab disapa Don Carlo ini masing-masing meraih dua gelar Liga Champions yakni di AC Milan (2003 dan 2007) serta Real Madrid (2014 dan 2022).

2. Zinedine Zidane

Baca Juga:
Viral Ucapan Ratu Tisha soal Timnas Indonesia Lawan Jepang dan Argentina yang Kini Jadi Kenyataan, Netizen: Dukun Nih

Zinedine Zidane menjadi pelatih yang paling banyak menjuarai Liga Champions, yakni sebanyak tiga kali. Hebatnya, tiga gelar itu didapatkan dalam tiga musim beruntun.

Zidane mencetak Hattrick gelar Liga Champions itu kala menukangi Real Madrid sepeninggal Ancelotti, yakni di tahun 2016, 2017, dan 2018.

3. Pep Guardiola

Pep Guardiola bisa dikatakan sebagai pelatih terbaik di dunia saat ini. Ia punya gelar ini usai meraih trofi Liga Champions ketiga dalam kariernya, pasca membawa Manchester City juara pertama kalinya.

Tiga gelar yang direngkuh Guardiola itu didapatkan dari dua tim saja, yakni Barcelona pada 2009 dan 2011, serta Manchester City pada tahun 2023 ini.

4. Bob Paisley

Liverpool menjadi tim kedua yang paling banyak meraih gelar Liga Champions dengan tujuh gelar. Tiga dari tujuh gelar itu nyatanya disumbangkan satu pelatih saja, yakni Bob Paisley.

Pelatih legendaris asal Inggris ini mampu membawa Liverpool meraih tiga gelar Liga Champions saat masih bernama European Cup/Piala Champions yakni pada 1977, 1978, dan 1981.

5. Jose Mourinho

Bukan tanpa alasan Jose Mourinho dijuluki The Special One, menyusul prestasinya yang kerap meraih beragam trofi di berbagai kompetisi.

Di Liga Champions, Mourinho mampu meraih gelar sebanyak dua kali, yakni bersama tim kuda hitam, FC Porto, pada 2004 dan bersama Inter Milan pada 2010.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More