Rauhanda Riyantama
Lionel Messi saat memainkan laga terakhirnya buat PSG. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan bintang sepak bola dunia yang pernah menjalani kariernya di Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat, di mana Lionel Messi menjadi nama besar terbaru di ajang itu.

Pemain berjuluk La Pulga ini menjadi megabintang anyar yang merumput di MLS, usai memutuskan bergabung Inter Miami pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Messi memutuskan bergabung tim berjuluk The Herons itu usai kontraknya bersama Paris Saint-Germain berakhir pada Juni 2023.

Baca Juga:
Juara Bertahan Gugur di Singapore Open 2023, Leo/Daniel Alihkan Fokus ke Indonesia Open

Saat kontraknya berakhir dan dipastikan hengkang dari PSG, Messi pun mendapat banyak tawaran untuk bergabung, seperti dari Barcelona dan juga klub Arab Saudi, Al Hilal.

Akan tetapi, pemain berusia 35 tahun itu mantap melabuhkan kariernya di usia senja sebagai pesepak bola ini di Amerika Serikat.

Messi menerima pinangan Inter Miami yang dimiliki David Beckham dengan bayaran sekitar 50 juta euro (Rp799 miliar) per tahunnya.

Baca Juga:
Pakar Sepak Bola Vietnam Iri dengan Gaji di Liga Indonesia, Sarankan Pemainnya Segera Hijrah

Bergabungnya Messi ke Inter Miami pun membuat Major League Soccer (MLS) kembali kehadiran megabintang dalam kompetisinya musim ini.

Sebelum Messi, banyak megabintang ternama yang juga sempat mencicipi karier di MLS. Siapa saja para megabintang tersebut? Berikut daftarnya.

1. David Beckham

Baca Juga:
Netizen Indonesia Kritik Vietnam yang Berencana Panggil 20 Pemain Keturunan, Singgung Pak Hang-seo

David Beckham bisa dikatakan sebagai megabintang pertama yang hadir di MLS, usai diboyong LA Galaxy pada tahun 2007 silam dari Real Madrid.

Eks penggawa Manchester United ini bermain di MLS selama lima musim, sejak 2007-2012, sebelum kembali ke Eropa dan akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 2013.

2. Thierry Henry

Baca Juga:
CEK FAKTA: Baru Tiba di Indonesia, Timnas Argentina Latihan Tiki-taka di GBK

Usai kedatangan Beckham, MLS kembali membuat gebrakan pasca New York Red Bulls mendatangkan Thierry Henry pada 2010.

Eks penggawa Arsenal ini diboyong oleh New York Red Bulls pada 2010 dari Barcelona. Saat itu, Henry bermain di MLS selama empat tahun.

3. Frank Lampard

Nama besar lainnya yang bermain di MLS adalah Frank Lampard yang diboyong New York City FC pada 2014, usai kontraknya tuntas bersama Chelsea.

Namun kepindahannya itu membawanya ke Manchester City dengan status pinjaman pada musim 2014/15, sebelum bermain bagi New York City FC pada 2015.

4. Andrea Pirlo

Di saat Lampard kembali dari masa peminjaman, New York City FC mendatangkan gelandang top lainnya pada sosok Andrea Pirlo.

New York City FC merekrutnya pada 2015 dari Juventus, usai kontraknya habis. Ia pun pindah dengan status bebas transfer.

5. Steven Gerrard

Di tahun 2015, MLS juga kedatangan gelandang top lainnya pada sosok Steven Gerrard yang bergabung LA Galaxy dari Liverpool dengan status bebas transfer.

Gerrard tercatat hanya bermain setahun saja di LA Galaxy, dan kemudian memutuskan gantung sepatu pada tahun 2016.

6. Zlatan Ibrahimovic

Megabintang terakhir yang bermain di MLS sebelum Messi adalah Zlatan Ibrahimovic yang bergabung LA Galaxy pada tahun 2018.

Sama seperti Gerrard, Ibrahimovic hanya bermain selama setahun saja di LA Galaxy, sebelum akhirnya hengkang pada 2019 dan berlabuh ke AC Milan hingga dirinya pensiun pada 2023 ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More