Husna Rahmayunita
Potret Alexis Mac Allister dan Lionel Messi saat bela Argentina lawan Prancis di final Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Alexis Mac Allister antusias untuk menyambut laga Argentina vs Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023 mendatang. Ia bahkan menyebut pertemuan ini sebagai laga penting.

Seperti diketahui, Argentina sang juara Piala Dunia 2022 itu bakal melawan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Senin (19/6).

Duel dengan Timnas Indonesia ini merupakan rangkaian tur Asia yang dijalani Argentina. Sebelum Indonesia, La Albiceleste bakal melawan Australia di Beijing, China, pada 15 Juni.

Baca Juga:
Respons Kocak Marselino Ferdinan usai Pratama Arhan Tunjukkan Kehebatan Lemparan Jauh di Tokyo Verdy

Bagi Mac Allister, rangkaian tur Asia termasuk melawan Timnas Indonesia menjadi sangat penting karena sebagai pemanasan sebelum kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL pada September 2023.

Lantas, siapa sebetulnya Mac Allister ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Alexis Mac Allister

Baca Juga:
Ikut TC Timnas Indonesia, Rafael Struick Ungkap Satu Kendala yang Dihadapinya

Dari namanya, Alexis Mac Allister terdengar bukan orang Argentina. Nyatanya memang benar, nama belakangnya itu berasal Irlandia.

Meski lahir di Santa Rosa, Argentina, pada 24 Desember 1998, Mac Allister punya darah keturunan Irlandia dari nenek moyangnya yang bermigrasi ke Argentina pada 1980-an.

Allister yang berasal dari keluarga sepak bola, memulai karier sepak bolanya di klub lokal Social Praque. Ia lalu pindah ke akademi Argentinos Juniors hingga menjalani debut profesionalnya pada 2016.

Baca Juga:
Kisah Dua GOAT Putuskan Berkarier di Luar Eropa, Lionel Messi Pilih Hijrah ke Liga Amerika

Setelah tampil menjanjikan di Argentinos Juniors, Mac Allister diboyong Brighton & Hove Albion pada musim 2019/20. Ia sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke Boca Juniors, sebelum kembali ke Brighton pada paruh kedua musim.


Adapun, prestasi Mac Allister selama di Argentina cukup impresif. Ia membawa Argentinos Juniors juara Primera B Nacional (kasta kedua) dan bersama Boca Juniors juara Liga Argentina.


Bersama Brighton, karier Mac Allister makin cemerlang. Ia jadi bagian penting dalam suksesnya Brighton di musim 2022/23 usai finis keenam dan berhak bermain di Liga Europa musim depan.

Baca Juga:
5 Pemain Termahal Timnas Indonesia Jelang Lawan Argentina, Full Naturalisasi


Di musim lalu, pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan 10 gol dan dua assist dari 35 penampilan di Liga Inggris buat Brighton.

Nama Alexis Mac Allister juga makin dikenal usai membawa Argentina menjadi kampiun Piala Dunia 2022 Qatar. Di ajang itu, Mac Allister mencetak sepasang gol dan assist.

Karier Mac Allister di Timnas Argentina sendiri dimulai sejak 2019. Hingga saat ini, Mac Allister sudah mencatatkan 16 caps buat Tim Tango.

Sedang harumnya nama Alexis Mac Allister tahun ini membuatnya jadi rebutan tim-tim top Eropa. Liverpool bahkan dikabarkan selangkah lagi mendapatkan tanda tangannya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More