Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Palestina, Ataa Jaber. (Instagram/@ataajaber23)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia wajib memberikan satu perhatian khusus terhadap sosok Ataa Jaber, mantan kapten Timnas Israel U-21, yang berpeluang memperkuat Palestina pada laga FIFA Matchday yang akan datang.

Pasalnya, Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) sudah resmi mengumumkan bahwa Ataa Jaber bakal menjadi salah satu pemain yang dibawa Timnas Palestina untuk menghadapi Timnas Indonesia.

Ini memang bakal menjadi peluang besar bagi Ataa Jaber untuk membukukan debut pertamanya bersama Timnas Palestina. Pasalnya, selama ini dia belum pernah bermain di level senior.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Beri Pesan Menokoh kepada Lionel Messi Cs Jelang Lawan Timnas Indonesia, Benarkah?

“Mantan kapten tim Israel U-21 itu akan bergabung dengan Al-Fida'i untuk pertandingan persahabatan bulan Juni melawan Indonesia dan China,’’ tulis laporan Football Palestine, dikutip Rabu (7/6/2023).

Dengan demikian, Ataa Jaber berpeluang memperkuat Timnas Palestina saat berjumpa tim Merah Putih pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Menurut jadwal, laga FIFA Matchday pertama Timnas Indonesia di bulan Juni ini akan berlangsung pada Rabu, 14 Juni 2023.

Baca Juga:
Jordi Amat Merasa Tak Nyaman dengan Kondisinya usai Bela JDT, Absen di FIFA Matchday?

Profil Ataa Jaber

Meskipun tercatat di Majd al-Krum, Israel, Ataa Jaber merupakan seorang pesepak bola yang memiliki keturunan muslim dan Arab. Dia tercatat lahir pada 3 Oktober 1994 dan kini sudah berusia 28 tahun.

Karier sepak bola Ataa Jaber dimulai ketika dia berlatih bersama Maccabi Haifa. Di klub ini, dia menimba ilmu sejak usia 11 tahun, yakni mulai rentang tahun 2005 hingga 2014.

Baca Juga:
3 Eks Jawara Liga Champions yang Kini Berkarier di Liga Arab Saudi, N'Golo Kante Menyusul?

Hebatnya, debut Ataa Jaber di level senior terjadi pada musim 2011/2012. Saat itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini masih berusia 17 tahun. Sejak saat itu, dia memperkuat Maccabi Haifa hingga 2017.

Namun, pada tahun 2015, dia sempat menjalani masa peminjaman bersama Bnei Sakhnin. Setelah angkat kaki dari Maccabi Haifa, Ataa Jaber memutuskan untuk bergabung dengan klub ini dari tahun 2017 hingga 2021.

Kiprahnya kemudian berlanjut bersama FC Ashdod. Ini menjadi klub Israel terakhir yang menggunakan jasanya sebelum Ataa Jaber memilih hengkang untuk meniti karier abroadnya.

Baca Juga:
Perusahaan asal Indonesia Jadi Sponsor Resmi Timnas Malaysia

Pada 2022, Ataa Jaber resmi meninggalkan Israel untuk pertama kali saat direkrut klub asal Azerbaijan, Neftchi Baku. Kiprahnya cukup oke bersama klub ini. Sebab, dia menyumbang enam gol dan enam assist dari 37 penampilannya di semua ajang.

Sejak berusia muda, Ataa Jaber memang sudah menjadi andalan Timnas Israel di level junior. Pasalnya, dia sempat mencatatkan pertandingan bersama Timnas U-19 dan U-21.

Khusus untuk Timnas Israel U-21, Ataa Jaber sempat dipercaya menjadi kapten, terutama saat membantu timnya berjuang di Kualifikasi Euro U-21 2018.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More