Rauhanda Riyantama
Pelatih baru Tottenham Hotspur, Ange Postecoglou. (AFP)

Bolatimes.com - Ange Postecoglou resmi menjadi pelatih anyar Tottenham Hotspur musim depan. Ia ditunjuk untuk menggantikan Antonio Conte yang dipecat. 

Pencarian The Lilywhites akan sosok pelatih baru nampaknya mulai menemui titik cerah. Adalah Ange Postecoglou juru taktik klub Skotlandia, Celtic, yang jadi sosoknya.

Menurut laporan Sky Sports, Postecoglou telah mengadakan pembicaraan dengan Tottenham. Pelatih berusia 57 tahun itu setuju untuk pindah ke London Utara. Postecoglou akan diberi kontrak selama dua musim dengan opsi perpanjangan selama semusim.

Baca Juga:
On Fire Jelang Lawan Timnas Argentina, Shayne Pattynama Bikin Assist Cantik saat Bobol Gawang Eks Klub Erling Haaland

Jika Postecoglou resmi menjadi pelatih Spurs, ini akan menjadi pengalaman pertama pria asal Australia itu di Liga Inggris.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Ange Postecoglou ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Ange Postecoglou

Baca Juga:
Comeback usai Dua Tahun Absen, Bek Timnas Indonesia Siap Lawan Palestina dan Argentina

Ange Postecoglou merupakan pelatih kelahiran, Nea Filadelfia, Athens, Yunani, pada 27 Agustus 1965. Meski lahir di Yunani, Postecoglou berkewarganegaraan Australia.

Ia juga merupakan mantan pemain Timnas Australia dari 1986-88. Saat masih aktif bermain, ia pernah membela South Melbourne dan Western Suburbs.

Setelah pensiun, Ange Postecoglou langsung terjun sebagai pelatih dari tahun 1996. Kebanyakan klub yang ditanganinya berasal dari Australia.

Baca Juga:
Sandy Walsh Merumput di Kampung Halaman Kakek, Bek Naturalisasi Malaysia Tepuk Tangan

Postecoglou memulai karier kepelatihannya di South Melbourne hingga akhirnya ditunjuk sebagai pelatih Australia U-17 dan Australia U-20 hingga tahun 2007.

Sempat melatih tim Yunani, Panachaiki, selama satu tahun, Postecoglou kembali ke Australia untuk menukangi Whittlesea Zebras lalu pindah ke Brisbane Roar.

Pada 2012, Postecoglou pindah ke Melbourne Victory namun hanya satu tahun ia keluar karena ditunjuk sebagai pelatih Timnas Australia.

Baca Juga:
Usai Jalani TC Bersama Timnas Indonesia di Surabaya, Sandy Walsh: Saya Senang di Kampung Halaman Kakek

Bersama Timnas Australia, Postecoglou kembali meraih prestasi gemilang dengan mempersembahkan gelar juara Piala Asia 2015.

Selama empat tahun melatih Australia, Ange Postecoglou memulai petualangan baru dengan membesut klub J1 League, Yokohama F. Marinos.

Cukup sukses di Jepang dengan meraih satu gelar J1 League, Ange Postecoglou pindah ke Skotlandia untuk melatih Celtic. Postecoglou sukses meraih dua gelar Liga Skotlandia dua musim beruntun bersama Celtic.

Dengan segala pengalamannya itu, Ange Postecoglou nyatanya memikat Tottenham Hotspur untuk menjadikannya sebagai pelatih baru musim depan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More