Rauhanda Riyantama
Zlatan Ibrahimovic memutuskan pensiun bersama AC Milan. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pesepak bola ternama yang pensiun di usia 40 tahun atau kepala empat, di mana terbaru adalah Zlatan Ibrahimovic.

Sepak bola Italia dan dunia harus mendapat kabar kurang mengenakkan setelah sang legenda hidup, Ibrahimovic, memutuskan gantung sepatu atau pensiun.

Kabar pensiunnya pemain yang akrab disapa Ibra itu diketahui setelah timnya, AC Milan, berhadapan dengan Hellas Verona, Senin (5/6).

Baca Juga:
Kejutan, 3 Pemain Muslim Bantu Israel Lolos ke Semifinal Piala Dunia U-20 2023

Usai laga yang dimenangkan AC Milan dengan skor 3-1 itu, pemain berkebangsaan Swedia tersebut memutuskan mengakhiri kiprahnya sebagai pemain.

Pasca laga tersebut, Ibra menyampaikan salam perpisahan kepada tim berjuluk Rossoneri tersebut beserta para pendukungnya yang memadati San Siro.

Diyakini keputusannya pensiun tepat di akhir masa kontraknya dengan AC Milan itu karena faktor cedera yang terus menggerogotinya.

Baca Juga:
Karier Panjang Zlatan Ibrahimovic hingga Putuskan Pensiun Bersama AC Milan di Usia 41 Tahun

Salam perpisahan yang diberikan pemain berusia 41 tahun itu pun menutup perjalanannya selama 24 tahun berkarier di sepak bola profesional, atau sejak 1999 silam.

Pensiunnya Ibra di usia 41 tahun ini mengikuti jejak para pemain top yang memutuskan pensiun saat telah menyentuh kepala empat.

Siapa saja para pemain top yang memutuskan pensiun saat berusia kepala empat selain Zlatan Ibrahimovic? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
2 Pemain Keturunan Indonesia Grade A yang Bakal Gabung Klub Top Eropa Musim Depan

1. Paolo Maldini

Paolo Maldini merupakan legenda sepak bola yang bermain hingga usia 41 tahun setelah berkarier selama 25 tahun di Liga Italia bersama AC Milan.

Ia pensiun pada 2009 silam usai tampil sebanyak 902 kali bagi AC Milan. Adapun laga terakhirnya melawan Fiorentina di Stadion Artemio Franchi.

Baca Juga:
Liga Arab Saudi Makin Ganas, 6 Pesepak Bola Top Dunia Ini akan Datang Musim Depan

2. Ryan Giggs

Ryan Giggs merupakan legenda sepak bola yang bermain hingga usianya 40 tahun bersama satu klub saja, yakni Manchester United.

Pemain asal Wales ini mengawali kiprah di sepak bola pada 1990 dan menutup kariernya pada 2014, di mana laga terakhirnya adalah saat Manchester United menghadapi Hull City.

3. Francesco Totti

Francesco Totti merupakan legenda sepak bola bagi AS Roma. Ia pensiun di usia 40 tahun dengan membela satu klub saja, yakni AS Roma.

Totti mengawali kariernya di AS Roma pada 1993 hingga 2017, di mana ia tampil sebanyak 785 pertandingan bagi klub ibu kota Italia itu.

4. Javier Zanetti

Dari Inter Milan, ada nama Javier Zanetti yang tampil hingga usianya menginjak kepala empat, tepatnya hingga usianya 41 tahun.

Pemain berjuluk El Tractor ini mengawali karier di Argentina bersama Talleres pada 1992 dan mengakhirinya kariernya di Inter Milan pada 2014.

5. Didier Drogba

Didier Drogba adalah pesepak bola legendaris asal Afrika. Ia dikenal karena sepak terjangnya bersama Chelsea, sebelum pensiun pada usia 40 tahun.

Ia mengawali karier di Le Mans pada 1998 dan mengakhiri kariernya pada 2018 saat membela tim asal Arizona, Amerika Serikat, yakni Phoenix Rising.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More