Rauhanda Riyantama
Anan Khalaily bersama Israel di Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/@isr.fa)

Bolatimes.com - Berikut tiga pemain Muslim yang membantu Israel menembus semifinal Piala Dunia U-20 2023 di Argentina.

Bukan rahasia lagi jika sentimen agama selalu hadir dalam perbincangan mengenai Israel, termasuk mengenai tim nasionalnya.

Sentimen ini pernah menjadi topik hangat pada akhir Maret hingga awal April 2023 lalu, seiring hadirnya penolakan terhadap Timnas Israel U-20 di Indonesia jelang ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Karier Panjang Zlatan Ibrahimovic hingga Putuskan Pensiun Bersama AC Milan di Usia 41 Tahun

Banyak yang meyakini, penolakan ini membuat Indonesia pun harus rela statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dicabut oleh FIFA dan dipindahkan ke Argentina.

Beberapa bulan setelah topik penolakan tersebut, Timnas Israel U-20 tetap tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang dipindahkan ke Argentina.

Berstatus tim tak diperhitungkan, Israel mampu membuat banyak pihak terkejut usai menembus semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
2 Pemain Keturunan Indonesia Grade A yang Bakal Gabung Klub Top Eropa Musim Depan

Tak tanggung-tanggung, Israel lolos ke semifinal Piala Dunia U-20 2023 Jepang, Senegal, Uzbekistan, dan kandidat juara yakni Brasil.

Keberhasilan Israel ini ternyata tak lepas dari penampilan para pemainnya, terutama para pemain yang beragama Islam atau Muslim.

Siapa saja para pemain Muslim yang membantu Israel menembus semifinal Piala Dunia U-20 2023 di Argentina? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Liga Arab Saudi Makin Ganas, 6 Pesepak Bola Top Dunia Ini akan Datang Musim Depan

1. Anan Khalaily

Anan Khalaily merupakan penyerang andalan Timnas Israel U-20 dan juga Maccabi Haifa U-19. Diketahui, ia beragama Islam atau merupakan seorang Muslim.

Menjadi seorang Muslim atau kaum minoritas di Israel tak membuat Anan sungkan untuk berjuang bagi tanah kelahirannya itu.

Baca Juga:
Erick Thohir akan Tindak Tegas Klub yang Larang Pemainnya Gabung Timnas Indonesia

Di Piala Dunia U-20 2023 ini, pemain berusia 18 tahun itu telah tampil sebanyak empat laga dengan mencatatkan dua gol, masing-masing ke gawang Uzbekistan di babak 16 besar dan Brasil di perempat final.

2. Hamza Shibli

Rekan setim Anan Khalaily di Timnas Israel U-20 dan Maccabi Haifa U-19, Hamza Shibli, juga merupakan salah satu pemain Muslim di timnya.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini mampu menjadi andalan bagi timnya baik di level klub dan tim nasional, terutama di Piala Dunia U-20 2023 ini.

Di Piala Dunia U-20 2023 ini, Hamza mampu menciptakan satu gol ke gawang Brasil yang menentukan langkah Israel ke semifinal.

3. Ahmed Ibrahim Salman

Ahmed Ibrahim Salman merupakan pemain keturunan Israel dan Arab yang lahir di Jerusalem 19 tahun silam. Karena punya darah Arab, ia pun diketahui beragama Islam.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sejak dini telah menimba ilmu sepak bola di Israel, tepatnya Hapoel Jerusalem dan Maccabi Netanya.

Di Piala Dunia U-20 2023 ini, ia jadi andalan Timnas Israel U-20 dengan total lima penampilan dan sumbangan satu assist bagi negaranya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More