Irwan Febri Rialdi
Anan Khalaily bersama Israel di Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/@isr.fa)

Bolatimes.com - Salah satu pemain Timnas Israel U-20 yang mencuri perhatian di Piala Dunia U-20 2023 ialah Anan Khalaily. Penyerang berusia 18 tahun ini jadi pembicaraan publik karena beragama Islam.

Kiprah Anan Khalaily semakin harum karena dia berhasil membantu Timnas Israel U-20 melaju hingga fase semifinal Piala Dunia U-20 2023. Selama turnamen ini berlangsung, dia sudah mencetak dua gol.

Masing-masing gol yang dicetak Anan Khalaily ini memang terhitung istimewa. Sebab, semuanya dicetak di fase gugur. Yang pertama, gol ini bersarang di gawang Uzbekistan pada fase 16 besar.

Baca Juga:
Disayangkan, Bintang Argentina Berpotensi Absen Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Satu-satunya gol itu membawa Timnas Israel U-20 menang 1-0. Pada babak perempat final, Israel juga sukses menggasak Brasil dengan skor tipis 3-2. Salah satu golnya juga dicetak oleh Anan Khalaily.

Sisi menarik dari pemain ini ialah latar belakangnya dari keluarga muslim. Tak seperti kebanyakan pemain Timnas Israel U-20 yang berstatus yahudi. Dia juga memiliki garis keturunan Arab.

Sebagai seorang penganut agama Islam, Anan Khalaily sering kali melakukan selebrasi sujud syukur setelah berhasil mencetak gol di Piala Dunia U-20 2023. Hal inilah yang membuat banyak orang membicarakannya.

Baca Juga:
Tolak Kontrak Rp 289,5 Juta Per Bulan dari Persija, Berapa Gaji Song Ui-young di Persebaya Surabaya?

Sejatinya, Anan Khalaily bukanlah satu-satunya Arab-Muslim yang bermain untuk Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Sebab, ada saudara seimannya yang juga ikut ke Argentina, yakni Hamza Shibli (Maccabi Haifa) dan Ahmed Ibrahim Salman (Maccabi Netanya).

Profil Anan Khalaily

Baca Juga:
Gabung Persebaya, Song Ui-young Tolak Kontrak Rp 289,5 Juta Per Bulan dari Persija Jakarta

Anan Khalaily merupakan pesepak bola yang lahir di Haifa, Israel. Pemain kelahiran 3 September 2004 itu merupakan seorang keturunan Arab-Israel. Saat ini, berstatus sebagai pemain Maccabi Haifa.

Karier sepak bola penyerang berusia 18 tahun ini dimulai bersama Beitar Haifa di level junior. Setelah itu, saat usianya menginjak 10 tahun, dia bergabung dengan Maccabi Haifa bersama saudaranya, Eyad.

Sementara itu, kariernya di level senior memang sudah dicatatkan sejak 2020. Ketika itu, dia mencatatkan laga debutnya bersama Maccabi Haifa pada laga melawna Hapoel Hadera di Israel State Cup 2020. 

Baca Juga:
Profil Song Ui-young, Pemain Naturalisasi Timnas Singapura yang Resmi Gabung Persebaya Surabaya

Potensi besar yang dimiliki Anan Khalaily sebetulnya sudah terendus sejak usia muda. Sebab, dia sudah menjadi bagian dari skuad Timnas Israel U-19 pada 2021.

Selama dua tahun dalam rentang 2021-2023, Anan Khalaily sudah mencatatkan 12 penampilan dan menyumbangkan satu gol. Itulah sebabnya, dia menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk memperkuat Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Di kejuaraan usia muda paling bergengsi di dunia ini, Anan Khalaily sudah memainkan total empat pertandingan, yakni pada laga penyisihan melawan Kolombia, Senegal, dan fase 16 besar melawan Uzbekistan, serta Brasil pada babak perempat final.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More