Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Argentina Rodrigo De Paul. (TikTok/messi10fans97)

Bolatimes.com - Beredar narasi satu bintang Timnas Argentina, Rodrigo De Paul, ketakutan jelang melawan Timnas Indonesia.  Videonta viral di TikTok.

Informasi ini beredar di media sosial TikTok dalam sebuah video berdurasi 1 menit 30 detik yang diunggah oleh akun bernama @messi10fans97.

Dalam caption atau keterangan video itu bahwa Rodrigo De Paul sudah mulai ketakutan melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023.

Baca Juga:
Sambut Musim Baru, PSIS Semarang Resmi Boyong Pemain Kontroversial Gali Freitas

“(Rodrigo) De Paul Ketakutan Lawan Indonesia,” tulis akun @messi10fans97 dalam video pendek unggahannya di akun TikTok yang dikutip pada Jumat (2/6).

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut mampu mendapatkan 200 ribu likes lebih serta menuai 3 ribu komentar lebih dari netizen dan telah dibagikan sebanyak 4 ribu kali.

Lantas benarkah hal tersebut?

Baca Juga:
Jadwal Wakil Indonesia di Perempat Final Thailand Open 2023: Kevin/Marcus Cs Beraksi

PENJELASAN

Hasil penelusuran Bolatimes.com, video dengan narasi sedekimian rupa dipastikan tidak benar.

Dalam video tersebut, terlihat sosok Rodrigo De Paul yang melakukan wawancara atau konferensi pers dengan bahasa Spanyol bersama awak media.

Baca Juga:
Tak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni, Egy Maulana Vikri Pamer Skill di Klubnya

Penggunggah menuliskan judul dalam video unggahannya, yakni komentar De Paul jelang match melawan Indonesia.

Dalam video itu tertulis subtitle atau terjemahan berbunyi De Paul dan Argentina mulai khawatir jelang pertandingan melawan Indonesia.

Penggunggah juga mengklaim bahwa De Paul mengatakan rekannya, Lionel Messi, kurang percaya diri saat mengetahui bek tangguh Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Anggap Tiket Laga Malaysia vs Papua Nugini Kemahalan, Netizen Negeri Jiran Minta Gratis

Lalu subtitle dalam video itu menyebutkan bahwa De Paul mulai ketakutan melawan Indonesia dan duel ini akan menjadi duel yang melelahkan baginya.

Bahkan, video itu mengklaim bahwa De Paul akan mengawal Marselino Ferdinan sembari berharap Timnas Indonesia tak bermain sungguh-sungguh dan dirinya akan berpura-pura cedera agar tak dimainkan dan tak menanggung malu jika tim Merah Putih membantai timnya.

Berkaca dari subtitle dan keterangan video yang diunggah oleh akun @messi10fans97 itu, dapat dikatakan bahwa informasi yang diberikannya tak sesuai dengan fakta yang terjadi.

Dalam bahasa Spanyol yang digunakan De Paul dalam video konferensi pers-nya ini, tak ada nama Timnas Indonesia atau Marselino Ferdinan yang disebutkannya seperti subtitle yang ditulis akun @messi10fans97.

Terlebih lagi, video tersebut merupakan video lama. Hal ini dapat dibuktikan dari dua bintang di atas logo Timnas Argentina pada baju yang dikenakan De Paul.

Karena masih menggunakan dua bintang, itu tandanya wawancara ini terjadi kala Timnas Argentina belum meraih gelar juara Piala Dunia 2022 yang merupakan gelar ketiganya

KESIMPULAN

Informasi yang diedarkan oleh akun @messi10fans97 dengan narasi Rodrigo De Paul ketakutan lawan Timnas Indonesia masuk dalam kategori hoaks atau palsi

Faktanya, hingga bulan Juni 2023 ini atau H-17 sebelum pertandingan digelar, tak ada satu pun pemain atau pelatih Argentina memberikan komentar jelang melawan Timnas Indonesia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More