Irwan Febri Rialdi
Gelandang Sevilla, Jesus Navas, merayakan kemenangannya dalam pertandingan final Europa League melawan AS Roma di Puskas Arena di Budapest pada 31 Mei 2023. (AFP/Vladimir Simicek)

Bolatimes.com - Kapten Sevilla, Jesus Navas, jadi sorotan usai laga final Liga Europa 2022/23 melawan AS Roma, Kamis (1/7/2023) dini hari WIB.

Pada pertandingan yang berlangsung di Puskas Arena, Hungaria, tersebut berhasil dimenangkan oleh Sevilla lewat babak adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan waktu,

Sebelum seremonial pengangkatan trofi Liga Europa, Jesus Navas tertangkap kamera menyalami para pemain AS Roma satu per satu. Aksi sang pemain berusia 37 tahun itu pun menjadi sorotan dan banjir pujian.

Baca Juga:
Kabar Terkini Sylvano Comvalius, Eks Top Scorer Liga 1 yang Kini Naik Pangkat Jadi Asisten Pelatih AZ Alkmaar

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Jesus Navas sendiri? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jesus Navas

Sosok dengan nama lengkap Jesus Navas Gonzalez ini lahir di Los Palacios, Sevilla, Spanyol pada 21 November 1985. Karier sepak bolanya dimulai degan bergabung ke akademi Los Palacios.

Baca Juga:
Profil Anthony Taylor, Wasit yang Abaikan Handball Sevilla di Laga Kontra AS Roma

Sebagai putra daerah, Jesus Navas pindah ke akademi Sevilla pada tahun 2000. Tiga tahun di akademi, ia promosi ke Sevilla B pada 2003.

Di musim yang sama, ia juga melakoni debut di tim utama Sevilla pada laga Liga Spanyol. Sejak saat itu, ia menjadi pilihan utama di Sevilla.

Pada periode pertamanya di Sevilla, Navas total menghabiskan 10 musim dengan mempersembahkan dua trofi Copa del Rey, dua gelar Liga Europa, dan masing-masing trofi Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa.

Baca Juga:
Argentina Jalani Tur Asia di FIFA Matchday Juni 2023, Media Vietnam Senggol Suporter Indonesia

Setelah sempat pindah ke Manchester City dari musim 2013 hingga 2016, Navas kembali ke Sevilla pada musim 2017/18. Lagi-lagi ia sukses mempersembahkan dua gelar Liga Europa dan terbaru hadir di musim 2022/23.

Adapun, untuk kariernya bersama Manchester City, Jesus Navas mempersembahkan satu gelar Liga Inggris dan dua trofi Piala Liga Inggris selama empat musim.

Sementara untuk kariernya di tim nasional, Jesus Navas total sudah mengantongi 46 caps dengan torehan 5 gol. Bersama Spanyol, Jesus Navas meraih gelar juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Marselino Ferdinan Buka Suara soal Hubungannya dengan Perempuan Asal Kamboja

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More