Irwan Febri Rialdi
Sylvano Comvalius resmi menjadi asisten pelatih AZ Alkmaar. (Instagram/@azjeugd)

Bolatimes.com - Mantan penyerang asing Bali United, Sylvano Comvalius, yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak di Liga 1 2017, kini mendapatkan pekerjaan baru sebagai asisten pelatih klub Liga Belanda, AZ Alkmaar junior.

Jabatan anyar sebagai asisten pelatih AZ Alkmaar U-17 itu resmi diperoleh Sylvano Comvalius setelah menandatangani kontrak baru bersama pihak manajemen. Kini, dia akan menjadi asisten pelatih akademi pemain muda AZ Alkmaar U-17.

“Specialist trainer Sylvano Comvalius, mentan pemain profesional, menandatangani kontrak hingga pertengahan 2024,” tulis pernyataan resmi AZ Jeugodpleiding via media sosial.

Baca Juga:
Profil Anthony Taylor, Wasit yang Abaikan Handball Sevilla di Laga Kontra AS Roma

Sebelum mendapatkan pekerjaan barunya itu, Sylvano Comvalius memang sudah memulai kariernya di dunia kepelatihan. Pada mulanya, dia menjadi asisten manajer AZ Alkmaar Youth.

Setelah itu, dia mendapatkan pekerjaan baru sebagai pelatih penyerang AZ Alkmaar U-17 dan U-18. Kini, Sylvano Comvalius bakal mendapat peran baru sebagai asisten pelatih

Mantan Top Scorer Liga 1

Baca Juga:
Argentina Jalani Tur Asia di FIFA Matchday Juni 2023, Media Vietnam Senggol Suporter Indonesia

Sylvano Comvalius memang bukan nama baru bagi pencinta sepak bola di Indonesia. Sebab, kiprahnya bersama Bali United pada kompetisi Liga 1 2017 membuat banyak pihak terpukau.

Pasalnya, saat itu pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, ini berhasil membukukan total 37 gol dari 34 pertandingan untuk Bali United. Pencapaian itu membuatnya jadi pencetak gol terbanyak Liga 1 2017.

Dengan jumlah sebanyak itu, Sylvano Comvalius sukses mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi pada buku sejarah sepak bola Indonesia.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Marselino Ferdinan Buka Suara soal Hubungannya dengan Perempuan Asal Kamboja

Sebab, lelaki yang identik dengan Jenggot tebal ini berhasil memecahkan rekor milik Peri Sandria yang berhasil membukukan 34 gol pada Liga Indonesia 1994/1995.

Kiprahnya itulah yang membuat sejumlah klub asal Asia Tenggara terpikat. Comvalius sempat direkrut klub Thailand, Suphanburi FC, dan klub asal Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Namun, kiprahnya tak sementereng saat bermain untuk Bali United. Ketika kembali ke Indonesia untuk berkarier bersama Arema FC dan Persipura Jayapura, catatan prestasinya juga tak begitu membanggakan.

Baca Juga:
Optimisme Jordi Amat jelang Laga Timnas Indonesia vs Argentina, Pernah Bikin Lionel Messi Tak Berdaya

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More