Rauhanda Riyantama
Gadis Kamboja di SEA Games 2023, Malita. (Instagram/@mlita.n)

Bolatimes.com - Aksi Marselino Ferdinan yang melempar senyum pada seorang perempuan cantik asal Kamboja pada penyerahan medali emas SEA Games 2023 turut diiringi dengan informasi yang patut ditelaah kembali.

Pasalnya, sebuah kanal YouTube bernama CCTV SELEB memberikan narasi yang cukup mengejutkan karena menyebut bahwa perempuan cantik asal Kamboja itu diklaim dekat dengan Marselino Ferdinan.

Bahkan, dalam judul video yang mereka unggah di YouTube, CCTV SELEB turut menuliskan bahwa perempuan cantik bernama Pyadeth Rota itu siap terbang ke Indonesia untuk meminta restu ibu Marselino Ferdinan.

Baca Juga:
Viral, Pemain Inter Milan Tirukan Joget Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan

“Gadis Cantik Asal Kamboja Reth Malita Tiba di Indonesia Temui Ibunda Marselino Ferdinan,” bunyi judul yang dibubuhkan kanal YouTube CCTV SELEB itu dalam video yang diunggah pada 28 Mei 2023 tersebut.

Tidak hanya dalam judulnya, kanal YouTube CCTV SELEB turut menyinggung soal klaim ini melalui ucapan narator yang membacakan konten tersebut.

“Diketahui Wanita cantik asal Kamboja bernama Pyadeth Rota siap jumpa jumpa ibunda Marselino Ferdinan untuk meminta restu,” bunyi narator dalam video tersebut.

Baca Juga:
Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Erick Thohir, Jose Mourinho Malah Didoakan Netizen Jadi Pelatih Timnas Indonesia

“Lantas, benarkah Wanita cantik asal Kamboja itu siap terbang ke Indonesia demi minta restu pada ibunda Marselino. Agar tidak penasaran mari kita simak informasi selengkapnya,” lanjutnya.

PENJELASAN

Apabila menelaah ulang isi video yang berdurasi 4:12 menit ini, sebetulnya tidak ada informasi sama sekali yang menjelaskan bahwa perempuan asal Kamboja itu akan datang ke Indonesia untuk menemui ibunda Marselino Ferdinan sesuai dengan judulnya.

Baca Juga:
Permintaan Argentina untuk Agenda Selama di Indonesia Dirahasiakan demi Keamanan, Netizen: Tas Istri Pejabat Saja Tahu

Sebab, sebagian besar narasi yang diangkat ialah soal aksi Marselino Ferdinan yang melemparkan senyum kepada perempuan itu pada penyerahan medali emas SEA Games 2023 yang belakangan viral di media sosial.

Selain itu, CCTV SELEB juga sama sekali tak memberikan sumber yang jelas terkait dengan kejelasan perempuan asal Kamboja itu yang akan terbang ke Indonesia.

Penjelasannya hanya seputar informasi soal identitas perempuan tersebut dan kiprah Marselino Ferdinan yang cukup bersinar bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023.

Baca Juga:
4 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Raih Juara Piala AFF U-23 2023 meski Digelar di Thailand

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi dan narasi yang diunggah oleh kanal YouTube CCTV SELEB itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada informasi apa pun yang berkaitan dengan hubungan Marselino Ferdinan dengan perempuan asal Kamboja itu. 

Dengan demikian, narasi dan informasi yang diedarkan kanal YouTube CCTV SELEB melalui videonya tersebut dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Kontributor: Muh Faiz Maulana
Load More