Irwan Febri Rialdi
Kiper Timnas Iran, Alireza Beiranvand (Filippo Monteforte/AFP)

Bolatimes.com - Alireza Beiranvand ternyata punya rekor lebih luar biasa dari Pratama Arhan soal lemparan dalam permainan sepak bola.

Pratama Arhan sedang jadi sorotan karena kemampuan lemparan ke dalam jarak jauh yang dimiliki oleh pemain Tokyo Verdy tersebut.

Alireza Beiranvand bahkan pernah mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai pemain dengan lemparan terpanjang yang pernah ada di sepakbola.

Baca Juga:
Mengenal Asian Club Volleyball Championship 2023, Liga Champions Asia Versi Bola Voli?

Momen itu terjadi saat Iran menghadapi Korea Selatan pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018. Beiranvand tercatat bisa melempar bola sampai sejauh 61 meter.

Catatan itu cukup jauh dibandingkan dengan lemparan ke dalam Pratama Arhan yang mencapai 35-45 meter.

Lantas, siapa Alireza Beiranvand ini?

Baca Juga:
Bersinar di SEA Games 2023, Muhammad Taufany Ungkap Targetnya bersama Borneo FC

Sosok dengan nama lengkap Alireza Safar Beiranvand ini lahir di sebuah desa kecil di Iran, Sarab-e Yas, pada 21 September 1992.

Dia merupakan salah satu kiper senior di skuad Iran saat ini. Karier sepak bolanya dimulai pada 2007 ketika berada di tim junior Vahdat.

Satu tahun di sana, Beiranvand pindah ke Naft Tehran dan menghabiskan bertahun-tahun kariernya di sana. Setelah tiga tahun pertama bermain di tim junior, dia debut di tim utama pada Oktober 2011.

Baca Juga:
Lini Tengah Makin Kuat, PSIS Semarang Resmi Boyong Gelandang Timnas yang Juarai Piala AFF U-22

Pada musim pertamanya di tim utama, Beiranvand membawa Naft Tehran finis di peringkat ketiga Liga Iran dan untuk pertama kalinya mentas di Liga Champions Asia dalam sejarah klub.

Prestasi terbaik Alireza Beiranvand bersama Naft Tehran adalah menjadi kampiun Hazfi Cup 2014/15. Setelah itu, pada musim 2016/17 dia pindah ke tim raksasa Iran, Persepolis.

Di Persepolis sukses besar diraih Beiranvand dengan menyabet 4 gelar Liga Iran, satu piala Hazfi Cup, 3 trofi Piala Super Iran, dan runner-up Liga Champions Asia 2018.

Baca Juga:
Duo Pemain Keturunan Posting Bendera Indonesia, Salah Satunya Pernah Dipantau Shin Tae-yong

Atas prestasi dan penampilan yang gemilang itu, Beiranvand direkrut oleh klub papan atas Belgia, Royal Antwerp pada Juli 2020. Namun, dia cuma mentas 12 kali di semua kompetisi.

Dia lalu dipinjamkan ke klub asal Portugal, Boavista. Namun lagi-lagi kurang mendapat menit bermain dengan hanya tampil 9 kali di semua ajang. Di musim 2022/23, Alireza Beiranvand memutuskan pulang ke Persepolis. 

Untuk level tim nasional, Alireza Beiranvand sejauh ini sudah mengantongi 55 caps untuk Timnas Iran. Dia berjasa membawa Iran lolos ke Piala Dunia 2022.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More