Husna Rahmayunita
Pelatih asal Holger Osieck. (ANTARA/REUTERS )

Bolatimes.com - PSSI melalui Ketua Umum mereka, Erick Thohir, menyebut bahwa pengganti Indra Sjafri di posisi Direktur Teknik PSSI adalah sosok dari Jerman.

"Salah satunya saya sudah bicara dengan Jepang, nanti kita kerja sama mengenai benchmarking liga dan wasit. Dengan Jerman juga kita akan tanda tangan benchmarking liga, dan salah satunya mencari direktur teknik," ucap Erick.

Erick Thohir menyebut sudah bekerja sama dengan beberapa negara untuk memajukan sepak bola Indonesia. Untuk pemilihan direktur teknik, menteri BUMN itu mengaku telah buka pembicaraan dengan Jerman.

Baca Juga:
Nama Indonesia Naik Daun di Kamboja usai SEA Games 2023, Dianggap Negara Maju dan Kuat

Indra Sjafri sebelumnya menduduki jabatan direktur teknik PSSI sejak 2020. Ia dipilih pada saat kepemimpinan Mochamad Iriawan untuk menggantikan Danurwindo.

Kemudian, PSSI menugaskan Indra Sjafri menukangi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023. Hasilnya cukup memuaskan karena sukses dipersembahkan olehnya medali emas sejak kali terakhir pada 1991.

Lantas, siapa saja kemungkinan sosok yang bakal menjadi Dirktek baru PSSI?

Baca Juga:
Profil Jakarta Bhayangkara Presisi, Tim Voli Indonesia yang Cetak Sejarah Tembus Final AVC 2023

1. Holger Osieck

Sosok veteran berusia 74 tahun ini merupakan salah satu pelatih berpengalaman yang dimiliki Jerman. Ia sempat membawa Timnas Australia menjadi runner-up Piala Asia 2011.

Pengalaman Holger Osieck di sepakbola Asia juga sangat panjang. Dia merupakan pelatih yang memimpin Urawa Red Diamonds menjuarai Liga Champions Asia 2007.

Baca Juga:
Kurnia Meiga Jual Medali untuk Menyambung Hidup, Erick Thohir Tawarkan Bantuan

2. Ulrich Stielike

Sama-sama sosok veteran dari Jerman, pria yang biasa dipanggil Uli Stielike ini bisa menjadi Direktur Teknik yang dipilih PSSI untuk menggantikan Indra Sjafri.

Selama mulai berkarier sebagai pelatih dan turun di jajaran manajerial, Stielike punya banyak pengalaman melatih di Asia. ia bahkan sempat menjadi pelatih Korea Selatan.

Baca Juga:
Duo Pemain Keturunan Kompak Posting Bendera Indonesia di Instagram, Kode Buat PSSI?

Bahkan, ia adalah pelatih yang menggantikan dan digantikan STY sebelum Piala Dunia 2018 sehingga punya irisan dengan Shin Tae-yong.

3. Oliver Bierhoff

Mantan penyerang AC Milan ini merupakan eks manajer Timnas Jerman selama kurang lebih 13 tahun. Lantas pada 2018 lalu, ia ditunjuk menjadi direktur teknik PSSI-nya Jerman.

Namun kegagalan Jerman di Piala Dunia 2022, membuat DFB (federasi sepak bola Jerman) memutuskan kontraknya. Kini, ia sedang menganggur.

Dengan pengalamannya menjadi bagian timnas Jerman selama belasan tahun, Olivier Bierhoff jelas menjadi sosok yang layak untuk ditunjuk PSSI sebagai Dirtek baru.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More