Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-22 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pertandingan perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/aa.)

Bolatimes.com - Para atlet yang sukses meraih prestasi di kancah SEA Games 2023 sukses mengharumkan nama Indonesia. Sebab, nama Indonesia cukup naik daun di kalangan netizen Indonesia.

Pasalnya, di berbagai platform media sosial, warga negara Kamboja memberikan pujian setinggi langit untuk para atlet asal Indonesia yang sukses tampil gemilang karena meraih medali emas di SEA Games 2023.

Setidaknya, ada dua cabang olahraga yang mencuri perhatian warga Kamboja, yakni sepak bola putra dan bola voli putra. Pasalnya, dua cabang ini sukses menghasilkan emas dan tampil dominan.

Baca Juga:
Profil Jakarta Bhayangkara Presisi, Tim Voli Indonesia yang Cetak Sejarah Tembus Final AVC 2023

Timnas Indonesia U-22 memang sukses menumbangkan Thailand di partai final SEA Games 2023, sedangkan tim voli putra Indonesia juga meraih medali emas karena menumbangkan Kamboja.

“Indonesia lagi naik daun banget di Kamboja. Diglorifikasi habis-habisan kita, seolah-olah kita tangguh banget negaranya,” tulis @glorindra melalui akun Twitter-nya.

“Kebetulan olahraga favorit mereka itu sepak bola dan voli. Kita dapat emas dari olahraga itu. Jadi, atlet-atlet bola dan voli kita jadi banyak fans di sana. Apalagi ganteng-ganteng,” imbuhnya.

Baca Juga:
Indra Sjafri Sukses Bersama Garuda Muda di SEA Games 2023, Media Vietnam Soroti Nasib Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Pujian semacam ini disampaikan juga oleh media Kamboja, CPS Sports. Di akun Facebook, mereka memberikan pujian untuk medali emas yang diraih tim sepak bola dan voli putra Indonesia.

“Mengapa Indonesia begitu kuat? Tidak meminum alkohol, menghormati agama, sektor pendidikan kuat, dan nasionalisme. Selamat Indonesia meraih medali emas baik bola voli maupun sepak bola," tulis CPS Sports di akun Facebooknya.

Baca Juga:
Shin Tae-yong dan Indra Sjafri Bagi Tugas, Ini Agenda Timnas Indonesia hingga Akhir Tahun

Selain itu ada pula netizen Kamboja yang ikut menyinggung tim pelatih Thailand saat Timnas Indonesia U-22 menjuarai SEA Games 2023.

“Tim Pelatih Thailand mengkritik Stadion Khmer bahwa rumputnya tidak bagus. Pelatih Indonesia menghormati dan menghargai tuan rumah Kamboja. Kebaikan menang di segala arah,” tulis Sim Ratana.

Kalimat yang siampaikan Sim Ratana ini sebetulnya merujuk pada aksi sujud syukur Indra Sjafri. Sepanjang turnamen, Indra Sjafri tak pernah mengeluhkan fasilitas yang disediakan tim tuan rumah. 

Baca Juga:
Shin Tae-yong Sudah Pilih Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni 2023, Siapa Saja?

Sebetulnya, dukungan yang diberikan oleh Kamboja terhadap Indonesia ini tak terlepas dari ketegangan dan friksi antara Kamboja dengan Thailand.

Pasalnya, pada pertandingan final sepak bola putra antara Indonesia melawan Thailand, ada banyak sekali orang Kamboja yang datang ke stadion untuk mendukung tim asuhan Indra Sjafri.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More