Rauhanda Riyantama
Pemain Manchester City melakukan selenrasi usai bobol gawang Real Madrid. (AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah fakta menarik bakal mewarnai pertemuan antara Manchester City melawan Inter Milan di partai final Liga Champions 2022-2023. Kedua tim sama-sama bermodal rekor mentereng jelang duel kali ini.

Menurut jadwal, pertandingan final Liga Champions antara Manchester City melawan Inter Milan bakal berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki, pada MInggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Sebelumnya, Inter Milan terlebih dahulu lolos ke final Liga Champions 2022-2023 setelah menumbangkan rival sekotanya, AC Milan, dengan agregat 2-1.

Baca Juga:
Hasil Liga Europa: Menang Dramatis atas Juventus, Sevilla Tantang AS Roma di Final

Sementara itu, tiket yang digenggam Manchester City untuk bisa melaju ke partai puncak kejuaraan ini diraih dengan lebih impresif karena sukses menundukkan Real Madrid dengan agregat 4-1.

Menjelang laga final ini, kedua tim sama-sama memiliki rekor yang impresif. Hal ini tentu menjadi modal bagi mereka untuk bisa memperebutkan trofi Liga Champions.

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah fakta menarik yang bakal mengiringi duel antara Manchester City melawan Inter Milan di final Liga Champions 2022-2023.

Baca Juga:
Hasil Liga Europa: Tahan Imbang Bayer Leverkusen, AS Roma Lolos ke Final

1. Manchester City Tak Terkalahkan

Manchester City membawa catatan mentereng saat menantang Inter Milan di final Liga Champions 2022-2023. Sebab, mereka tak terkalahkan dalam 26 laga kandang terakhir di ajang ini.

Tercatat, The Citizens sukses meraih 24 kemenangan dan dua imbang. Kekalahan terakhir yang dibukukan Man City ialah pada laga melawan Lyon pada September 2018.

Baca Juga:
3 Alasan Inter Milan Jadi Juara Liga Champions 2022-2023

2. Catatan Impresif Pep Guardiola

Dengan kemenangan terakhir, Pep Guardiola tercatat sebagai pelatih ketiga yang sukses menembus tiga digit kemenangan di Liga Champions menyusul Carlo Ancelotti dan Sir Alex Ferguson.

Selain itu, Pep juga mengukir sejarah sebagai pelatih kedua yang paling sering tampil di final Liga Champions dengan torehan empat kali. Jumlah ini menyamai rekor Sir Alex Ferguson, Marcelo Lippi, dan Jurgen Klopp.

Baca Juga:
Daftar Pemain Abroad Indonesia yang Tersisa setelah Bagus Kahfi Pulang Kampung

3. Final Kelima Inter Milan

Bagi Inter Milan, keberhasilan lolos ke final Liga Champions 2022-2023 ini catatan keenamnya dalam sejarah. Mereka sukses meraih pencapaian ini setelah terakhir membukukannya pada edisi 2009/2010.

Pada edisi yang terakhir itu, Inter Milan memang berhasil meraih gelar juara Liga Champions 2009-2010 di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho. Ini menjadi gelar ketiga bagi mereka dalam sejarah.

4. Tinta Emas Simone Inzaghi

Bagi pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi, kesuksesan membawa anak asuhnya meraih tiket ke partai final Liga Champions 2022-2023 ini juga memiliki nilai yang cukup spesial.

Sebab, satu-satunya pelatih asal Italia lainnya yang pernah mencatatkan prestasi serupa bersama Inter Milan ke partai final Piala Eropa/Liga Champions hanyalah Giovanni Invernizzi. Catatan itu terjadi pada edisi 1972.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More