Husna Rahmayunita
Bek Timnas Thailand U-22, Jonathan Khemdee. (Instagram/@jonathan.khemdee)

Bolatimes.com - Thailand punya pemain muda yang gemar membuat kontroversi, Jonathan Khemde lewat aksinya di SEA Games 2023 tanpa menorehkan prestasi.

Di balik kegagalan Thailand meraih medali emas SEA Games 2023, ada satu pemain yang hobi membuat provokasi dalam pertandingan, dialah Jonathan Khemde.

Tak banyak yang bisa diberikan pemain keturunan Denmark ini untuk Thailand di partai final SEA Games 2023 melawan Timnas Indonesia U-22 selain hanya berbuat kontroversi.

Baca Juga:
Juara SEA Games 2023, Sepak Bola Indonesia Kini Disebut Selevel Vietnam dan Thailand

Aksinya di final SEA Games 2023 menambah deretan kontroversi yang pernah dibuat pemain berusia 21 tahun itu untuk negaranya.

Menariknya, fakta menunjukkan jika Khemde sudah akrab dengan kontroversi sejak membela Thailand di SEA Games 2021.

Lantas apa saja deretan kontroversi yang pernah dilakukan Khemde sebagai pemain Timnas Thailand/ berikut di antaranya.

Baca Juga:
Ngeri, Potret Bibir Bagas Kaffa yang Alami Cedera Parah Akibat Disikut Pemain Thailand Anan Yodsangwal

1. Provokasi SEA Games 2021 dan 2023

Wasit asal Uni Emirat Arab, Yahya Ali Almulla pernah disihir dengan provokasi Jonathan Khemde saat memimpin semifinal SEA Games 2021 lalu.

Saat Timnas Indonesia dipertemukan Thailand, Jonathan Khemdee adalah provokator ulung yang membuat tiga pemain skuad Garuda Muda saat itu dikartu merah.

Baca Juga:
Pelatih Thailand Tuding Timnas Indonesia U-22 Provokasi Lebih Dulu di SEA Games 2023

Di antaranya Firza Andika, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto yang diusir dari lapangan usai jadi korban provokasi Khemdee.

Hal yang sama dilakukan Khemde di final SEA Games 2023, beruntung Qasim Matar Ali Al-Hatmi, wasit asal Oman tak terpengaruh provokasinya.

Jonathan Khemdee bahkan diganjar kartu kuning kedua usai melakukan pelanggaran keras, ia pun diusir lapangan di babak tambahan laga final SEA Games 2023.

Baca Juga:
Pujian Selangit Pelatih Thailand untuk Rizky Ridho yang Bersikap Terpuji di Final SEA Games 2023

2. Lempar Medali SEA Games 2023

Usai memastikan medali perak untuk Thailand, Khemde tak langsung menyimpan penghargaannya itu malah membuangnya ke tribune penonton.

Hal itu terekam jelas lewat sebuah video yang beredar di media sosial, aksi kontroversi yang membuat publik Kamboja marah bukan main.

Meskipun tak lama setelah itu Jonathan Khemde membuat klarifikasi lewat sebuah tulisan yang diunggah pada akun Instagram pribadi.

Jonathan Khemdee menyebut tidak membuang medali perak SEA Games 2023, ia hanya memberi medali tersebut kepada pendukung Thailand meski dengan cara melemparnya.

3. Pensiun

Sebelum final SEA Games 2023, Jonathan Khemdee sempat membuat heboh lantaran mengaku bakal pensiun usai memberi medali emas untuk Thailand.

Hal itu mengejutkan publik Thailand dan menjadi perbincangan hangat banyak media, meskipun ternyata bukan itu yang dimaksud.

Beberapa media ternama Thailand kemudian memberikan klarifikasi dan ternyata bukan pensiun, melainkan final SEA Games 2023 merupakan laga terakhir Jonathan Khemdee di ajang tersebut.

Jonathann Khemdee pun mengaku dirinya ingin vakum dari skuad Gajah Perang selama dua sampai tiga tahun.

Kontributor: Eko
Load More