Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-22 juara SEA Games 2023 usai kalahkan Thailand 5-2, Selasa (16/5/2023). (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Sepak bola Indonesia disebut kini setara dengan dua tim tangguh Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand setelah Timnas U-22 menjuarai SEA Games 2023.

Hal itu disampaikan oleh pelatih Persebaya Surabaya sekaligus peraih medali emas SEA Games 1991, Aji Santoso.

"Yang perlu ditekankan bahwa sekarang Indonesia posisinya setara dengan Thailand dan Vietnam,” kata coach Aji ketika dihubungi pewarta, Rabu (17/5) malam.

Timnas ndonesia resmi mengakhiri dahaga emas selama 32 tahun setelah mengalahkan Thailand dalam drama 120 menit yang berakhir dengan skor 5-2 di Olympic National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Gol Indonesia dicetak oleh brace Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rahman, dan Beckham Putra Nugraha. Sementara itu, dua gol Thailand dicetak oleh Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha.

Melihat perjuangan dramatis Garuda Muda, Aji Santoso menilai anak-anak asuh Indra Sjafri bermain apik dalam laga final tersebut.

“Dalam final kemarin ya mainnya cukup bagus, fighting spirit juga kuat, mentalnya juga tangguh, akhirnya bisa menang,” ungkapnya.

Aji Santoso bersama Robby Darwis, Toyo Haryono, Yusuf Ekodono, Widodo Cahyono Putro, dan lain-lainny. meraih emas terakhir SEA Games sebelum edisi 2023 setelah sukses mengalahkan tim Gajah Perang Muda lewat adu penalti di partai final dengan skor 4-3.

Sebagai salah satu penerima medali tertinggi pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara 1991, coach Aji senang dan mengaku sempat bereuforia sejenak untuk merayakan kepulangan emas yang sudah lebih dari tiga dekade tidak hinggap di Bumi Ibu Pertiwi.

“Iya perasaannya tentu senang ya karena sudah 32 tahun emas tidak pernah datang ke Indonesia, dalam pertandingan panas, sangat ketat, akhirnya tim kita dapat meraih emas kembali,” kata coach Aji.

“Selama 120 menit ya tentunya saya sendiri sebagai mantan pemain nasional yang ikut mendapatkan emas SEA Games 1991 cukup tegang bahkan dengan ditiupnya peluit tanda berakhir kami sempat euforia untuk merayakan kemenangan,” tambahnya.

(Antara)

Load More