Rauhanda Riyantama
Kiper Sampdoria, Emil Audero yang merupakan pemain keturunan Indonesia yang bermain di Liga Italia. (Instagram/@emil_audero)

Bolatimes.com - Piala Asia 2023 menjadi ajang bergengsi yang bakal diikuti Timnas Indonesia, skuad terbaik harus diturunkan termasuk dengan menggunakan pemain naturalisasi.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak dan Vietnam, persentasi lolos babak 16 besar memang sedikit.

Akan tetapi Timnas Indonesia memiliki beribu cara agar mampu bersaing melawan tim-tim kuat di babak penyisihan grup Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Profil Jesus Casas, Pelatih Irak yang Anggap Remeh Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Salah satu cara yang bisa dilakukan skuad Garuda adalah menggunakan jasa pemain Eropa untuk dinaturalisasi kemudian dimainkan di ajang tersebut.

Salah satu posisi di skuad Timnas Indonesia yang dapat diisi pemain naturalisasi Eropa adalah penjaga gawang atau kiper.

Setidaknya ada 3 pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eropa memiliki kesempatan membela Tanah Air di Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Sukses Kalahkan Vietnam dengan 10 Pemain, Lolos ke Final SEA Games 2023

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut kiper keturunan Indonesia di Eropa yang dapat dinaturalisasi untuk Piala Asia 2023.

1. Emil Audero

Usianya baru 26 tahun, kiprah Emil Audero di kancah Eropa cukup dikenal bersama Sampdoria di Liga Italia.

Baca Juga:
Aksi Sandy Walsh Berhadapan dengan Kaoru Mitoma di Liga Belgia, Berujung Kekalahan

Tak sekali Emil dirumorkan bakal merapat ke Timnas Indonesia, meskipun kiper kelahiran Mataram ini tak memberi kejelasan.

Pengalaman Emil di Eropa tentu sangat dibutuhkan Timnas Indonesia, di musim 2022-2023 ia berhasil mencatat 5 cleansheet.

Meskipun gagal membawa Sampdoria bertahan di kasta teratas Liga Italia, kehadiran Emil di skuad Indonesia tentu akan berdampak besar.

Baca Juga:
Hasil SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Final usai Menang Dramatis Lawan Vietnam

2. Daniel Klein

Namanya cukup asing bagi penikmat sepak bola Tanah Air, namun pemain kelahiran Pulau Dewata Bali ini memiliki performa mentereng di Eropa.

Usianya baru 22 tahun dan saat ini menjadi penjaga gawang utama klub Bundesliga, Hoffenheim II setelah direkrut dari Augsburg pada 2021 lalu.

Bersama tim kedua Augsburg, Klein sudah tampil sebanyak 20 kali dengan 4 kali cleansheet di semua kompetisi.

Tentu kualitasnya sudah terbukti, Daniel Klein bisa menjadi opsi kiper masa depan Indonesia bersaing dengan talenta-talenta lokal yang tak kalah bagusnya.

3. Maarten Paes

Pemain berusia 24 tahun yang diketahui berdarah Indonesia, saat ini bermain di kasta teratas Liga Amerika Serikat (Major League Soccer).

Maarten Paes bermain untuk FC Dallas, meski berstatus pemain baru sosoknya mampu mencuri posisi starting dengan 10 pertandingan.

Sebelum hijrah ke Amerika, Paes lebih dulu mencoba peruntungan di Eropa bersama NEC Njimegen dan FC Utrecht.

Kontributor: Eko
Load More