Rauhanda Riyantama
Selebrasi Kevin De Bruyne usai cetak gol saat Manchester City tahan imbang Real Madrid 1-1. (AFP)

Bolatimes.com - Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne tengah dalam sorotan usai mencetak gol ke gawang Real Madrid yang berbuah kontroversi usai tidak dianulir oleh VAR.

Duel Real Madrid melawan Manchester City pada semifinal leg pertama Liga Champions 2022-2023 digelar di Stadion Santiago Bernabeu pada Rabu (10/5/2023).

Pertandingan berjalan menarik sejak awal babak pertama, serangan demi serangan diperlihatkan silih ganti mengancam gawang kedua tim ini.

Baca Juga:
Bisakah Timnas Kamboja Temani Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2023?

Real Madrid lebih dulu unggul melalui gol Vinicius Jr pada menit ke-36, memanfaatkan umpan Camavinga sebelum melesakkan sepakan keras ke kanan gawang Ederson Moraes.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai, Man City baru bisa menyamakan kedudukan di babak kedua tepatnya menit ke-67 lewat Kevin de Bruyne.

Seiring keberhasilan Man City menyamakan kedudukan, muncul kontroversi terkait gol yang diciptakan De Bruyne lewat serangan dari belakang.

Baca Juga:
Kisah Mulyo Handoyo, Mantan Pelatih Taufik Hidayat yang Bikin Karier Loh Kean Yew Melesat

ESPN sempat melakukan analisa menggunakan teknologi triangulasi 3D guna menentukan bahwa bola sudah keluar lapangan sebelum gol De Bruyne tercipta.

Hal itu dilakukan karena banyaknya pihak yang menilai jika gol De Bruyne seharusnya dianulir, lantas mengapa VAR tidak menganulirnya?

Baca Juga:
Susunan Pemain Timnas Indonesia U-22 vs Kamboja: Haykal Alhafiz Starter

Menurut laporan Sportingnews lewat artikel yang dirilis pada Rabu (10/5/2023) menyebut bahwa wasit sudah melakukan kesalahan.

Wasit seharusnya menghentikan permainan dan memberi lemparan ke dalam untuk Real Madrid, namun marginnya sangat tipis sehingga sulit ditentukan.

Apakah bola sudah keluar lapangan atau belum, sementara VAR tidak digunakan karena insiden tersebut tidak terjadi dalam serangan langsung ke gawang.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Sempat Didiskualifikasi, Pesilat Indonesia Safira Dwi Meilani Akhirnya Dapat Medali Emas usai Banding

Selain itu penguasaan bola sempat berpindah ke Real Madrid sebelum direbut pemain Man City, hal ini tidak dapat ditinjau oleh VAR.

Berdasar pada Laws of The Games halaman 141, dijelaskan bahwa peninjauan terhadap skema menyerang diperlukan untuk situasi yang mengarah langsung ke keputusan.

VAR tidak bisa mengintervensi permainan, gol pun disahkan dan membawa Man City sukses menyamakan kedudukan di laga tersebut.

Kontributor: Eko
Load More