Rauhanda Riyantama
Selebrasi penyerang Manchester City, Erling Haaland saat membungkam Arsenal 1-3 pada lanjutan Liga Inggris 2022/2023, Kamis (16/2/2023). (Twitter/@ErlingHaaland)

Bolatimes.com - Erling Haaland resmi mencatatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris setelah mengantarkan Manchester City mengalahkan West Ham United dengan skor 3-0, Kamis (4/5/2023) dini hari WIB.

Dilansir dari BBC, Erling Haaland mencetak satu gol dalam kemenangan 3-0 Manchester City atas West Ham dalam laga tunda pekan ke-28 Liga Inggris 2022-2023.

Torehan itu membuat Erling Haaland kini telah mengemas 35 gol di Liga Inggris, melampaui catatan terbaik yang sebelumnya dipegang Alan Shearer dan Andrew Cole yang masing-masing mengemas 34 gol.

Baca Juga:
Persiapan Liga Indonesia Musim Depan, Madura United Perpanjang 3 Pemain Asing Asal Brasil

Lebih hebatnya, Haaland memecahkan rekor gol terbanyak itu ketika format Liga Inggris memainkan 38 laga permusim, alias lebih sedikit empat laga dibandingkan era Shearer dan Cole saat membuat rekor itu.

"Ini malam yang spesial dan momen yang spesial. Saya sangat senang dan bangga," kata Haaland usai laga kepada Sky Sports.

Gol ke-35 Haaland di divisi teratas musim ini datang melalui penyelesaian yang cekatan di babak kedua untuk membantu The Citizen menang 3-0 atas West Ham dan kembali memuncaki klasemen Liga Inggris 2022-2023.

Baca Juga:
Profil Tom Rogic, Gelandang West Bromwich Albion yang Dirumorkan ke Persija Jakarta

Dia diberi penjaga kehormatan oleh rekan satu timnya, bos Pep Guardiola dan staf ruang belakang klub setelah peluit akhir di Stadion Etihad atas rekor gol tersebut.

"Saya juga belum pernah melihatnya. Perasaan yang menyenangkan mencetak gol itu, selalu begitu," jelas Haaland.

Andrew Cole yang merupakan striker legendaris Manchester United, mencatatkan rekor 34 gol saat membela Newcastle United pada musim Liga Inggris 1993-1994 yang kemudian disamakan Alan Shearer bersama Blackburn Rovers semusim berselang.

Baca Juga:
Tak Mau Cepat Puas usai Cetak Gol, Gelandang Timnas Indonesia U-22 Punya Harapan Main Lagi di Laga Kedua

Secara keseluruhan, baik sebelum Liga Inggris berganti nama jadi Premier League, Haaland butuh 25 gol lagi untuk menyamai rekor gol terbanyak kompetisi sepak bola divisi teratas negeri Ratu Elizabeth itu.

Pasalnya, saat ini Dixie Dean masih memegang rekor gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris yakni dengan 60 gol dalam 39 laga bersama Everton pada musim 1927-1928.

Baca Juga:
Profil Bromley, Klub Gurem Inggris asal London yang Ejek Cristiano Ronaldo

Load More