Rauhanda Riyantama
Hein Htet Aung, pemain Myanmar yang berseragam Selangor FC. (Instagram/_heinhtet_aung)

Bolatimes.com - Jelang laga kedua fase grup SEA Games 2023, timnas Indonesia U-22 patut mewaspadai pemain abroad Myanmar yang bermain di Liga Malaysia, Hein Htet Aung.

Hein Htet Aung diyakini bakal menjadi pembeda di laga kedua fase Grup A SEA Games 2023, kualitas membuatnya jadi pemain paling berpengaruh.

Usianya masih 21 tahun, Hein Htet Aung jadi satu-satunya pemain abroad di tubuh skuad Myanmar saat ini meski masih berkarier di wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga:
Jelang Duel, Penyerang Timnas Indonesia U-22 Tebar Ancaman ke Myanmar

Htet Aung diketahui bermain di Liga Super Malaysia untuk Selangor FC, statusnya di klub dan kompetisi tersebut sebagai pemain asing ASEAN.

Kehadiran Htet Aung memang disambut tinggi dengan ekspektasi para penggemar sepak bola Myanmar, mengingat kariernya yang menembus luar negeri.

Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) memberikan sambutan spesial saat Htet Aung dipastikan bergabung skuad mereka di SEA Games 2023.

Baca Juga:
Moncer, Respons Nabil Asyura Jadi Pencetak Gol Terbanyak Garuda Select 5

"Hein Htet Aung dari Selangor FC telah tiba untuk gabung timnas Myanmar U-22 kemarin dan siap main di Sea Games 2023," tulis akun Facebook resmi MFF.

"Total ada 21 pemain plus satu kiper cadangan tambahan yang berlatih bersama di Phnom Penh, Kamboja. Timnas Myanmar U-22 pergi ke Stadion Olimpiade untuk menjajal lapangan tempat laga dan bersiap bertanding," imbuh mereka.

Htet Aung merupakan pemain potensial masa depan Myanmar, ia tercatat menjadi satu-satunya di pemain senior skuad SEA Games 2023.

Baca Juga:
Kamboja Gagal Menang, Media Vietnam Jagokan Timnas Indonesia U-22 Juara Grup

Karier abroadnya dimulai sejak 2021, saat itu perjalanannya di Malaysia bermain untuk Selangor FC II sebelum meningkat ke skuad utama.

Pada musim itu Htet Aung mencatat 19 laga dan sukses mencetak dua gol serta 6 assist, di musim selanjutnya pada 2022 ia mengoleksi 29 laga.

Htet Aung juga berhasil mengoleksi dua gol, namun perolehan assistnya berkurang dengan hanya lima assist.

Baca Juga:
Kisah Klub Jepang Albirex Niigata Main di Liga Singapura, Begini Asal Usulnya

Untuk musim 2023, Htet Aung sudah memainkan lima laga dari tujuh pekan pertama dan sudah mencatat tiga assist meski belum menyumbang gol.

Kualitas Htet Aung tak bisa disepelekan, mengisis posisi penyerang sayap namun dapat ditempatkan sebagai penyerang tengah.

Indra Sjafri selaku pelatih timnas Indonesia U-22 patut memberi perhatian lebih terhadap sosok Htet Aung jika tak mau kecolongan.

Profil Hein Htet Aung

Nama Lengkap: Hein Htet Aung
Tempat Lahir: Bago, Myanmar
Tanggal Lahir: 5 Oktober 2001
Tinggi: 1,74 m
Posisi: Sayap Kanan
Caps Internasional: 5

Karier Klub

2018 - Hantharwady United
2021 - Hantharwady Unied - Selangor FC

Kontributor: Eko
Load More