Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Vietnam U-22 Philippe Troussier menyalami pemain. (dok. VFF)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam U-22 memetik kemenangan ketika berhadapan dengan Laos di lag perdana grup B SEA Games 2023, Minggu (30/4/2023). Vietnam U-22 menang 2-0.

Young Golden Stars membungkam Laos masing-masing lewat gol cepat Nguyen Van Tung pada menit kedua dan Nguyen Quoc Viet (90+2).

Sejak awal pertanding, Vietnam menunjukkan dominansinya. Pertandingan baru berjalan dua menit, Young Golden Star berhasil mencuri poin.

Baca Juga:
Masih Simpan Dendam, Malaysia Ungkit Kekalahan dari Timnas Indonesia di SEA Games Edisi Lalu

Selepas itu, kedua tim saling jual beli serangan. Laos mencoba mengejar ketertinggalan poin dari Vietnam, namun tak membuahkan hasil.

Malahan, jelang injury time, Vietnam berhasil menggenapkan keunggulan lewat serangan balik Nguyen Quoc Viet. Young Golden Stars mengunci kemenangan dengan skor 2-0.

Walau begitu, kemenangan ini didapat Vietnam U-22 dengan susah payah. Lini serang pasukan Philippe Troussier dikritik habis oleh eks Timnas Vietnam Dang Phuong Nam.

Baca Juga:
Akun Pencari Bakat Luar Negeri Terkesima dengan Marselino Ferdinan, Ungkap 7 Kelebihannya

Cung menilai Vietnam U-22 tak bermain bagus lawan Laos, khususnya di lini depan. Dia berpendapat, pelatih Philippe Troussier butuh lebih banyak waktu untuk menyusun komposisi tim yang baik.

"Kemampuan mengatur dan melancarkan serangan U22 Vietnam bermasalah. Melalui pantauan, saya melihat sepertinya Troussier belum membangun skuad yang memuaskan, begitu juga dengan para pemain yang belum memuaskan seperti yang diinginkannya," ujarnya dikutip dari Soha.vn, Selasa (2/5/2023).

"roses ini menurut saya memakan waktu, selain itu Tim U-22 saat ini tidak memiliki banyak kesempatan untuk berlatih, jadi kita harus lebih sabar," sambungnya.

Baca Juga:
Jadwal SEA Games 2023 Hari Ini: Rival Timnas Indonesia U-22 Main, Ada Filipina vs Kamboja

Dia juga mengatakan dibandingkan dengan SEA Games dua edisi sebelumnya di bawah Pelatih Park Hang-seo, Vietnam U-22 saat ini kurang memiliki pemimpin yang mumpuni.

"Ini adalah kesulitan karena pemain muda membutuhkan senior untuk memimpin di lapangan," kata Cung.

Berikutnya, Vietnam U-22 dijadwalkan menghadapi Singapura di matchday kedua grup B SEA Games 2023 pada Rabu (3/5).

Baca Juga:
Disorot Akun Pencari Bakat Luar Negeri, Nilai Marselino Ferdinan Lebih Tinggi Ketimbang Wonderkid Man United

Load More