Husna Rahmayunita
Nguyen Duc Phu (paling belakang). (dok.VFF)

Bolatimes.com - Gelandang milik Vietnam U-22, Nguyen Duc Phu, tidak mau sesumbar timnya bisa melaju dengan mulus di SEA Games 2023 Kamboja.

Vietnam sendiri menjadi tim favorit karena memegang status juara bertahan SEA Games di dua edisi terakhir, yaitu 2019 dan 2021.

Akan tetapi, Nguyen Duc Phu, tidak mau sesumbar. Pasalnya, persiapan Vietnam menjelang SEA Games 2023 tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga:
Profil Hun Sen, Perdana Menteri Kamboja yang Gratiskan Tiket SEA Games 2023

Mereka jadi bulan-bulanan di Doha Cup 2023. Vietnam juga dua kali kalah dari klub lokal. Bahkan, salah satunya dari V.League 2. Akibat hasil dan penampilan yang mengecewakan, para pemain Vietnam menghindari sesumbar.

Salah satunya Nguyen Duc Phu yang menilai bahwa jalan Vietnam U-22 tidak akan mudah. Terlebih, Vietnam masih dalam masa transisi dari pelatih Park Hang-seo ke Philippe Troussier.

Lantas, siapa sebetulnya Nguyen Duc Phu ini? Berikut ulasan profilnya!

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Liga Inggris 2022-2023: Bungkam Fulham, Manchester City Kudeta Arsenal dari Puncak

Profil Nguyen Duc Phu

Vietnam U-22 di SEA Games 2023 mayoritas dihuni oleh para pemain yang minim menit bermain di klubnya, termasuk Nguyen Duc Phu.

Pemain kelahiran 13 Januari 2003 ini sedang dalam masa peminjaman ke klub kasta kedua Vietnam, PVF-Cong An Nhan Dan FC.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Salernitana Tunda Pesta Juara Napoli, Juventus Ditahan Imbang Bologna

Nguyen Duc Phu sendiri merupakan bagian dari PVF Football Academy, sebuah akademi sepak bola di Vietnam dan baru berdiri pada 2009.

Klub ini fokus pada pembinaan pemain-pemain muda dan usia dini, mulai dari U-13, U-15, U-17, hingga U-19. Nah, Nguyen Duc Phu merupakan salah satu penghuninya.

Demi mendapat jam bermain di klub profesional, Nguyen Duc Phu dipinjamkan ke beberapa klub. Di antaranya ke Pho Hien FC pada Januari 2022.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Manchester City Menang Tipis, Liverpool Hajar Tottenham

Setelah dari sana, ia dipinjamkan ke PVF-Cong An Nhan Dan FC yang akan berakhir masa peminjamannya pada Agustus 2023 mendatang.

Sejauh ini, Nguyen Duc Phu tidak mendapat banyak kesempatan karena baru satu kali tampil buat PVF-Cong An Nhan Dan FC di musim 2023.

Sementara di level tim nasional, Nguyen Duc Phu merupakan eks pemain Timnas Vietnam U-20 yang total mencatatkan 8 pertandingan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More