Arif Budi Setyanto
Kiper Kamboja sentuh bola pakai tangan di luar kotak penalti, tapi tidak dianggap wasit pelanggaran. (Tangkap Layar/Soha.vn)

Bolatimes.com - Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja tampak diuntungkan wasit dalam laga melawan Timor Leste di grup A, Sabtu (29/4/2023).

Kamboja berhasil menang telak dengan skor 4-0 atas Timor Leste. Akan tetapi, di balik kemenangan besar itu ada kontroversi karena tuan rumah dianggap mendapatkan keuntungan dari wasit.

Pasalnya kiper Kamboja, Reth Lyheng melakukan penyelamatan yang dinilai kontroversial. Ia menyentuh bola dengan tangannya di luar kotak penalti.

Baca Juga:
Hajar Filipina 3-0, Timnas Indonesia U-22 Malah Kena Ledek Media Vietnam

Momen ini terjadi di menit 50-an ketika tim yang dipimpin Keisuke Honda sudah unggul 2-0. Kala itu, Kamboja melakukan kesalahan di garis pertahannya.

Pemain Timor Leste, Mouzinho mampu memanfaatkan bola yang lepas dari kontrol pemain lawan. Ia pun menendang bola ke arah gawang lawan.

Akan tetapi, kiper Kamboja Reth Lyheng keluar dari sarangnya. Ia memblok bola tendangan Mouzinho.

Baca Juga:
Hasil Grup A SEA Games 2023: Timnas Indonesia Hajar Filipina 3-0, Kamboja Bantai Timor Leste 4-0

Lyheng sendiri mengaku bahwa ia memblok bola menggunakan dadanya, tapi di tayangan ulang terlihat bola mengenai tangannya.

Meski begitu, wasit tidak memberikan pelanggaran terhadap Kamboja. Bahkan protes yang dilakukan pemain Timor Leste tidak digubris.

Padahal jika itu pelanggaran, kiper Kamboja layak dikartu merah karena memegang bola menggunakan tangannya. Sayang wasit tampak berat sebelah karena tidak memberikan pelanggaran ke tuan rumah SEA Games 2023.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Grup A SEA Games 2023: Kamboja Duduki Puncak, Timnas Indonesia U-22 Buntuti di Posisi Kedua

Load More