Irwan Febri Rialdi
Radamel Falcao (Instagram/ falcao09garcia)

Bolatimes.com - Radamel Falcao dikabarkan tidak akan lama lagi bergabung dengan raksasa asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT). Jika benar, ia akan menjadi rekan satu tim Jordi Amat.

Rumor mengenai hal ini sebenarnya sudah berhembus sejak musim lalu. Apalagi pemilik JDT Tunku Ismail Idris alias TMJ dikabarkan sudah menjalin kontak dengan Radamel Falcao.

Kini kabar itu menemui titik terang, kedua belah pihak saling melempar kode. TMJ menantikan Falcao, sang pemain pun menyambut salam penantian dari Putra Mahkota Johor itu.

Baca Juga:
Pelatih Baru Timnas Indonesia U-20 Dicari yang Karakternya Mirip Shin Tae-yong

Lantas, seperti apa sepak terjang Radamel Falcao ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Radamel Falcao

Pemain kelahiran Santa Marta, Kolombia pada 10 Februari 1986 ini punya pengalaman bermain di klub-klub besar.

Baca Juga:
Sudah Lebaran, Exco PSSI Bocorkan Kelanjutan Proses Naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick

Di usia mudanya, Falcao sempat menimba ilmu di tim junior River Plate. Namun baru berkarier profesional di tim utama River Plate pada 2004-2009 usai bermain untuk Lanceros Boyaca.

Karier Falcao semakin melambung setelah pindah ke Eropa untuk bergabung bersama FC Porto. Selama tiga musim di sana, Falcao meriah sukses kolektif dan individu.

Falcao lalu pindah pada musim 2012/23 ke Atletico Madrid dan semakin melejit di sini. Beberapa trofi bergengsi berhasil diraih, termasuk Copa del Rey hingga Liga Europa dan Piala Super Eropa.

Baca Juga:
Bukan Harinya Ivar Jenner Meski Main Penuh, Jong Utrecht Harus Akui Keunggulan FC Eindhoven

Radamel Falcao kemudian pindah ke AS Monaco pada 2013/14. Ia kemudian sempat mengalami masa peminjaman ke beberapa klub top Eropa.

Sebut saja di antaranya ada Manchester United pada musim 2014/15 dan Chelsea pada 2015/16. Sayangnya di dua klub itu, Falcao tak banyak mendapat kesempatan dan performanya tak memuaskan.

Ia lalu kembali ke AS Monaco dan berhasil meraih gelar juara Liga Prancis 2016/17. Namun pada musim 2019/20, ia memutuskan pindah ke Galatasaray.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023 Sore Ini

Kariernya tak begitu cemerlang di Turki hingga akhirnya kembali ke Spanyol untuk memperkuat Rayo Vallecano. Namun, performanya tidak seimpresif dulu karena baru mencetak 8 gol dari 41 pertandingan selama dua musim terakhir.

Adapun di level tim nasional, Radamel Falcao sudah menembus skuad Timnas Kolombia pada 2007. Hingga sekarang, ia sudah mencatatkan 102 caps dan menjadi top skor Kolombia dengan 36 gol.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More