Rauhanda Riyantama
Girona kalahkan Real Madrid 4-2. (AFP)

Bolatimes.com - Profi Taty Castellanos akan dibahas dalam artikel ini. Penyerang Girona sukses mencetak quattrick atau empat gol dalam satu laga ke gawang Real Madrid.

Nama Castellanos tengah menjadi perbincangan, usai dirinya memborong semua gol Girona kala menghajar Real Madrid dengan skor 4-2, Rabu (26/4) dini hari WIB.

Dalam laga di pekan ke-31 itu, Castellanos membuat kiper pengganti Thibaut Courtois, Andriy Lunin, menahan malu sepanjang laga lewat aksinya.

Baca Juga:
Profil Girona, Klub Asal Catalan yang Lumat Real Madrid dengan Skor 4-2

Penyerang berusia 24 tahun ini mampu mencetak gol pertamanya di menit ke-12 lewat tandukannya memanfaatkan sodoran Arnau Martinez.

12 menit berselang, Castellanos membuat lini belakang Real Madrid kocar-kacir usai mencetak gol dengan skill individunya.

Para pemain Girona melakukan selebrasi setelah Taty Castellanos (kedua dari kiri) mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan pekan ke-31 Liga Spanyol 2022-2023 antara Girona vs Real Madrid di stadion Montilivi di Girona pada 25 April 2023.GEN LLUIS / AFP.

Real Madrid sempat memperkecil jarak lewat Vinicius Junior di menit ke-34. Tapi, Castellanos kembali menunjukkan magisnya di babak kedua dengan mencetak dua gol tambahan.

Baca Juga:
Persija Jakarta Tertarik Boyong El Shaarawy? Gajinya Bikin 'Pusing' Kepala

Dua gol itu datang di menit ke-46 dan ke-62 lewat sepakan dan tandukannya yang menjadikan dirinya mencetak Quattrick atau empat gol dalam satu laga.

Real Madrid pun kemudian memperkecil kedudukan di menit ke-85 lewat Lucas Vasquez. Hingga laga usai, skor 4-2 tetap bertahan untuk keunggulan Girona.

Berkat Quattrick-nya tersebut, nama Taty Castellanos pun kemudian menjadi sorotan. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pencetak Quattrick ke gawang Real Madrid tersebut.

Baca Juga:
Erick Thohir Tantang Timnas Indonesia U-22: Berani Kalian Lihat Mata Pemain Thailand dan Vietnam?

Pemain Minim Pengalaman di Eropa

Taty Castellanos merupakan pemain asal Argentina yang lahir di Mendoza pada 3 Oktober 1998 atau 24 tahun silam dengan nama lengkap Valentin Mariano Jose Castellanos Gimenez.

Kiprahnya di sepak bola bermula di tim akademi di Argentina bernama Independiente Rivadavia. Tapi, kiprahnya di akademi di kampung halamannya tak bertahan lama.

Baca Juga:
Minta Timnas Indonesia U-22 Tak Takut Lawan Siapapun, Erick Thohir: Kita Bangsa Besar!

Castellanos melanjutkan kariernya di level muda di Chile bersama Universidad de Chile. Di klub inilah dirinya pun menapaki karier profesional.

Usai debut bagi Universidad de Chile di Copa Sudamericana pada 2017, Castellanos menjalani peminjaman ke klub Uruguay, Torque terhitung sejak Juli 2017.

Dalam masa peminjamannya ini, Castellanos tampil 23 kali dan mencetak 4 gol, yang membuatnya kemudian dipermanenkan Torque pada 2018 yang kala itu berhasil promosi ke kasta teratas Uruguay.

Para pemain Girona merayakan gol keempat mereka yang dicetak oleh Valentin Castellanos selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Girona FC dan Real Madrid CF di stadion Montilivi di Girona pada 25 April 2023. GEN LLUIS / AFP

Usai dipermanenkan, Castellanos langsung dipinjamkan ke klub Amerika Serikat, New York City FC, yang merupakan bagian dari City Football Group milik Sheik Mansour, pemilik Manchester City.

Dalam peminjaman selama enam bulan ini, Castellanos mencetak 1 gol dari 8 laga. Torehan itu tak disangka membuat New York City FC mempermanenkannya pada Januari 2019.

Usai dipermanenkan, Castellanos tampil memukau bagi New York City FC dengan mencetak 11 gol dari 30 laga di Major League Soccer (MLS) 2019.

Torehan ini berlanjut di musim-musim selanjutnya, termasuk pada MLS 2021 lalu kala Castellanos mencetak 19 gol dari 32 laga dan MLS 2022 saat dirinya mencetak 13 gol dari 17 laga.

Catatan-catatan itu membuat Girona kemudian mengajukan proposal untuk meminjam Castellanos dari New York City FC pada Juli 2022.

Usai kedatangannya, pemain yang kini berusia 24 tahun itu hanya butuh dua laga untuk mencetak gol debutnya bagi Girona, yakni kala melawan Getafe di pekan ke-2 La Liga Spanyol 2022/2023.

Hingga pekan ke-31 La Liga 2022/2023, Castellanos telah tampil sebanyak 29 kali dengan mencetak 11 gol bagi Girona, di mana 4 gol di antaranya ia buat dalam satu laga kala melawan Real Madrid.

Berkat 4 golnya ke gawang Real Madrid itu, Castellanos pun menjadi pemain pertama sejak 1947 yang bisa membobol gawang tim berjuluk Los Blancos itu di ajang La Liga.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More