Rauhanda Riyantama
Leon James, eks pemain Leicester City yang jadi andalan Thailand di SEA Games 2023. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Leon James, mantan pemain Leicester City yang bakal jadi andalan Thailand di SEA Games 2023 Kamboja.

Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra akan menjadi sorotan pada pesta olahraga dua tahunan se Asia Tenggara bertajuk SEA Games 2023 nanti.

Pasalnya, cabor sepak bola putra ini akan diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara dan dianggap sebagai miniatur Piala AFF.

Baca Juga:
Gagal Mentas di SEA Games 2023, Ronaldo Kwateh Titip Marselino Ferdinan untuk Bawa Pulang Medali Emas

Karena gengsi yang dimiliki pada cabor satu ini, setiap negara kontestan pun membawa para pemain terbaik untuk memperebutkan medali emas.

Para pemain terbaik yang dibawa pun bukan pemain sembarangan. Beberapa pemain yang berkiprah di Eropa pun turut dibawa oleh negara kontestan SEA Games 2023.

Sebut saja Indonesia yang membawa Marselino Ferdinan yang membela KMSK Deinze. Lalu ada Filipina yang membawa bek muda Atletico Madrid, Santiago Rublico.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-22 Bisa Taklukkan Filipina di Laga Perdana SEA Games 2023

Selain dua negara itu, ada pula Thailand yang juga membawa pemain dengan pengalaman berkarier di Eropa pada diri Leon James.

Tak tanggung-tanggung, Leon James sendiri merupakan pemain yang sempat berkarier di Inggris bersama tim besar seperti Leicester City.

Ia menjadi salah satu dari 20 pemain yang dibawa Thailand untuk bisa meraih medali emas, usai gagal merengkuhnya pada SEA Games 2021 lalu.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Justin Hubner Makin Konsisten di Wolves U-21

Lantas, siapakah sosok Leon James tersebut? Berikut profilnya.

Mantan Pemain Leicester City

Leon James merupakan pemain berpaspor Thailand yang lahir di Coventry, Inggris, pada 29 Agustus 2001 atau 21 tahun silam.

Baca Juga:
Tampil di SEA Games 2023, Witan Sulaeman Jadi Pemain Berpengalaman di Timnas Indonesia U-22

Lahir dan tumbuh di Inggris, Leon James pun mendalami kiprahnya di sepak bola di tanah Raja Charles itu sejak usia muda.

Pada saat usianya yang baru enam tahun, ia mampu menembus akademi Leicester City dan mendapat Scholarship untuk berkarier di sepak bola di Inggris.

Karenanya, Leon James pun menjadi pemain Thailand pertama dalam sejarah yang bisa mendapat Scholarship di Inggris.

Secara keseluruhan, Leon James menimba ilmu di Leicester City selama 12 tahun sejak 2007. Pada 2019, ia memutuskan berpisah dengan tim berjuluk The Foxes itu.

Usai berpisah, Leon James memutuskan ke kampung halaman orang tuanya yakni Thailand dan meneken kontrak profesional pertamanya sebagai pesepak bola dengan Ratchaburi Mitr Phol.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai gelandang bertahan ini pun hanya bertahan setahun di Ratchaburi. Pada Desember 2020, ia bergabung tim Thailand lainnya, yakni Sukhothai FC.

Di tim ini, Leon James bertahan selama 1,5 tahun lamanya dengan mencatatkan 36 penampilan dan mencetak dua gol.

Catatan apik itu membuatnya kemudian dipinang oleh Nongbua Pitchaya pada Juni 2022 yang merupakan tim anyar di kasta teratas atau Thai League 1.

Hingga artikel ini dibuat, Leon James telah tampil sebanyak 22 kali bagi Nongbua Pitchaya dengan mencatatkan dua assist yang dibuatnya di Thai League 1 2022-2023.

Karena memutuskan pulang ke Thailand pada 2019, Leon James dengan pengalamannya di Leicester City kemudian mampu menembus tim U-19 negaranya.

Usai tampil tiga laga bagi tim U-19, Leon James naik tingkat ke tim U-23 pada 2022 lalu atau saat usianya 20 tahun dan mencatatkan lima pertandingan.

Kini pengalamannya yang pernah menimba ilmu di akademi Leicester City pun akan dimanfaatkan Thailand untuk kembali meraih medali emas SEA Games 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More