Rauhanda Riyantama
Pemain Arsenal rayakan gol Reiss Nelson yang mengakhiri perlawanan Bournemouth di Emirates Stadium, Sabtu (4/3/2023). [AFP]

Bolatimes.com - Menghitung peluang Arsenal untuk bisa menjuarai Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 dalam persaingannya dengan Manchester City.

Arsenal harus menerima kenyataan pahit setelah peluangnya menjuarai Liga Inggris sejak 2004 silam setelah tergelincir dalam berapa laga terakhirnya.

Terbaru, tim berjuluk The Gunners ini harus bermain imbang dengan tim juru kunci, Southampton, Sabtu (22/4) dengan skor 3-3.

Baca Juga:
Gagal Mentas di SEA Games 2023, Ronaldo Kwateh Titip Marselino Ferdinan untuk Bawa Pulang Medali Emas

Di laga yang berlangsung di markasnya sendiri, Stadion Emirates, Arsenal bahkan harus tertinggal 1-3 hingga 10 menit akhir waktu normal.

Beruntung bagi tim arahan Mikel Arteta itu, dua gol dari Martin Odegaard di menit ke-88 dan Bukayo Saka di menit ke-90 mampu membuat wajah Arsenal terselamatkan.

Meski mampu melakukan comeback cemerlang, raihan satu poin dari laga kontra Southampton ini menjadi catatan buruk bagi Arsenal sendiri.

Baca Juga:
3 Alasan Timnas Indonesia U-22 Bisa Taklukkan Filipina di Laga Perdana SEA Games 2023

Sebab, hasil imbang itu menjadi hasil imbang ketiganya dalam tiga laga terakhir di Liga Inggris 2022/2023, yang membuat posisi Arsenal di puncak klasemen terancam.

Pasalnya di laga lain, Manchester City mampu meraih kemenangan demi kemenangan di tiga laga terakhirnya, sehingga jarak poin antara kedua tim kini menjadi lima poin saja.

Meski unggul lima poin, Arsenal tak bisa tenang begitu saja. Sebab, Manchester City masih menyimpan dua laga tabungan.

Baca Juga:
Batal Dinaturalisasi, Justin Hubner Makin Konsisten di Wolves U-21

Dengan kata lain, jika tim besutan Pep Guardiola itu bisa memenangkan dua laga tabungan itu, maka posisi Arsenal di puncak klasemen tergusur.

Melihat kondisi ini, bagaimana peluang Arsenal bisa menjuarai Liga Inggris 2022/2023 atas Manchester City dengan enam laga tersisa? Berikut perhitungannya.

Selebrasi Leandro Trossard usai cetak gol saat Arsenal ditahan imbang Brentford 1-1. (AFP)

Pekan ke-33 Jadi Penentu

Baca Juga:
Tampil di SEA Games 2023, Witan Sulaeman Jadi Pemain Berpengalaman di Timnas Indonesia U-22

Secara matematis, peluang Arsenal menjuarai Liga Inggris 2022/2023 masih terbuka lebar, dengan enam pertandingan tersisa.

Peluang ini dengan mempertimbangkan kemungkinan Manchester City bisa saja terpeleset di delapan laga tersisanya di Liga Inggris 2022/2023 ini.

Pasalnya, Manchester City masih akan menghadapi tiga laga berat dan harus melakukan rotasi karena masih berjuang di dua kompetisi lainnya, yakni Liga Champions dan Piala FA.

Tiga laga berat di Liga Inggris 2022/2023 yang akan dihadapi Manchester City itu adalah Arsenal, Chelsea, dan Brighton & Hove Albion.

Sedangkan Arsenal masih memiliki empat laga berat tersisa, yakni Manchester City, Chelsea, Newcastle United, dan Brighton & Hove Albion.

Melihat lawan-lawan tersisa, Arsenal memang punya jalan lebih terjal. Tapi, The Gunners hanya fokus satu kompetisi saja ketimbang Manchester City yang masih bertanding di Liga Champions dan Piala FA.

Sehingga, peluang Arsenal untuk menjadi juara yakni ada di pekan ke-33 kala bertandang ke markas Manchester City, Etihad Stadium.

Di laga tersebut, Arsenal harus terhindar dari kekalahan dari Manchester City untuk tetap menjaga jarak poin menjadi lima poin dan harus memenangkan lima laga tersisanya.

Selain itu, Arsenal harus berharap Manchester City tergelincir dengan meraih hasil minimal tiga kali imbang dari delapan laga terakhirnya di Liga Inggris 2022/2023.

Dengan minimal tiga hasil imbang yang didapat Manchester City itu, Arsenal pun bisa berpeluang menjadi juara, dengan catatan menyapu bersih lima laga terakhirnya.

Di sisi lain, Arsenal bisa berharap fokus Manchester City kini tertuju pada Liga Champions, sehingga bisa menguntungkan The Gunners untuk mengakhiri puasa gelar yang telah berlangsung selama 19 tahun lamanya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More