Rauhanda Riyantama
Tragedi Munich yang menimpa pemain Manchester United. (Twitter)

Bolatimes.com - Tragedi kelam sepak bola dunia pernah dialami Manchester United pada 6 Februari 1958. Kecelakaan pesawat rombongan Setan Merah yang terkenal dengan peristiwa Tragedi Munich 1958.

Pilunya Tragedi Munich 1958, kecelakaan pesawat yang menewaskan 23 orang dari 44 penumpang termasuk 8 pemain Manchester United.

Petaka usai Manchester United melakoni laga perempat final Liga Eropa yang saat ini dikenal dengan sebutan Liga Champions di Serbia.

Baca Juga:
Usai Laga Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon, Indra Sjafri Beri Kabar Baik

Melawan Red Star Belgrade di Beograd menjadi laga yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang sejarah sepak bola.

Kala itu rombongan pemain Setan Merah menggunakan British European Airways, lebih dulu transit di Kota Munich, Jerman untuk mengisi bahan bakar.

Di saat yang sama, Munich baru saja dihantam badai salju, tanda hal buruk bakal terjadi sebenarnya sudah dirasakan James Thain selaku pilot pesawat.

Baca Juga:
Jelang SEA Games 2023, Koordinasi Pemain Timnas Indonesia U-22 Masih Kurang

James mencoba menerbangkan pesawatnya, namun dua kali mengalami kegagalan karena masalah mesin ditambah cuaca semakin memburuk.

Usai percobaan penerbangan kedua otoritas Bandara Munich-Reim memberi imbauan bahwa penerbangan pesawat seharusnya dilakukan esok hari.

Namun songongnya James Thain justru membawa petaka, dengan alasan akan terlambat dari jadwal yang sudah ditentukan.

Baca Juga:
Persib Bandung Finish Peringkat Tiga, Robi Darwis: Kami Sedih dan Kecewa

James nekat melakukukan lepas landas dalam kondisi salju semakin lebat dan landasan pacu tertutup salju dan lumpur.

Kondisi yang berdampak fatal pada pesawat, menyebabkan kecepatan tidak cukup untuk melakukan lepas landas hingga akhirnya tergelincir.

Pesawat yang berawakkan para pemain Man United itu menabrak pagar pembatas sebelum meledak usai menabrak salah satu gendung di sekitaran bandara Munich-Reim.

Baca Juga:
Jim Croque Semakin Bersinar usai Batal Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia

Nahas api menjalar ke seluruh badan pesawat di saat tangki bahan bakar terisi penuh, ledakan hebat pun tak terelakkan.

Sebanyak 20 orang dari total 44 penumpang tewas di tempat, tiga lainnya sempat dilarikan ke rumah sakit meski pada akhirnya tak tertolong.

Sementara 21 lainnya mengalami luka parah dan selamat, termasuk salah satunya Matt Busby, pelatih Man United saat itu yang cedera parah dan kritis selama beberapa pekan.

Berikut daftar pemain Manchester United yang jadi korban kecelakaan pesawat di Tragedi Munich 1958.

Geoff Bent
Roger Byrne
Eddie Colman
Duncan Edwards
Mark Jones
David Pegg
Tommy Taylor
Liam Whelan

*Duncan Edwards sempat mendapat perawatan intensif selama 15 hari, namun setelah itu nyawanya tak tertoling hingga akhirnya meninggal dunia.

Kontributor: Eko
Load More