Irwan Febri Rialdi
Potret para pemain Chelsea di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Bolatimes.com - Mengapa Chelsea dijuluki The Blues? Jawaban dan sejarahnya akan dibahas lebih lanjut dalam artikel Bolatimes kali ini.

Klub-klub sepak bola di dunia, khususnya klub-klub besar di Eropa, banyak dikenal juga dengan julukan-julukan yang tersemat kepada mereka.

Julukan yang diberikan kepada klub tertentu punya sejarah dan latar belakang sehingga bisa hadir julukan tersebut. Begitu juga dengan Chelsea yang dikenal dengan julukan The Blues atau Si Biru.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Persib Bandung Jadi Runner-up BRI Liga 1 dan Main di Piala AFC

Julukan The Blues atau Si Biru sendiri sebetulnya tidak hanya dimiliki oleh Chelsea. Namun, tentu saja latar belakang yang mendasari hadirnya julukan tersebuut akan berbeda setiap klubnya.

Barangkali Chelsea mendapat julukan The Blues karena jersey mereka yang identik dengan warna biru, tapi sebelumnya julukan asli Chelsea adalah The Pensioners.

Nama ini diabadikan dalam bentuk gambar di logo pertama Chelsea pada 1905, yang merujuk kepada Rumah Sakit Royal Chelsea, tempat para veteran (pensiunan) perang tinggal.

Baca Juga:
Cuma Lebanon yang Mau, Indra Sjafri Ungkap Alasan Kenapa Tajikistan dan China Tolak Timnas Indonesia U-22

Saat masih menggunakan logo Pensioners itu, warna jersey kandang Chelsea yaitu hijau muda. Lantas pada 1912an, Chelsea mulai konsisten mengenakan warna biru pada jersey kandangnya.

Kemudian pada akhir 1950-an, logo Pensioners itu diganti dengan logo singa yang akhirnya terus terpasang di logo Chelsea hingga saat ini.

Gambar singa itu sendiri memiliki makna sejarah yang cukup merepresentasikan kehidupan 'mewah' kota London. Pasalnya, gambar singa di logo Chelsea terinspirasi dari gambar singa yang berada di baju tentara Metropolitan Borough of Chelsea.

Baca Juga:
Merasa Terhormat Diundang Uji Coba, Pelatih Lebanon: Indonesia Negara yang Indah

Singa juga bisa diidentifikasikan sebagai raja hutan. Filosofi khusus di balik julukan Pensioners itu, sayangnya tidak banyak diketahui publik, yang lebih suka menyebut Chelsea sebagai The Blues dan chant "keep the blue flag flying high (KTBFFH)".

Kini Chelsea sudah menjelma sebagai salah satu klub besar di Inggris dan dunia, terlebih setelah The Blues diakuisisi oleh pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich.

Baca Juga:
Ditanya Soal Rumor Park Hang-seo, Erick Thohir Jawab Tegas Sampai Bawa-bawa Nama Allah

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More