Rauhanda Riyantama
Paul Pogba dan sang istri Zulay Pogba kompak mengenakan pakaian Islami saat merayakan Idhul Adha. (Instagram/paulpogba)

Bolatimes.com - Berikut deretan pesepak bola yang secara terang-terangan mendukung kemerdekaan Palestina, meski harus dihukum oleh FIFA atau organisasi lainnya akibat membawa politik ke olahraga.

Isu Israel-Palestina menjadi isu yang tak pernah ada habisnya, mengingat isu ini terkadang disangkutpautkan dengan keyakinan atau agama.

Karena kerap disangkutpautkan dengan agama, umat Muslim di seluruh dunia pun banyak memberikan kecaman ke Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Park Hang-seo Dikontrak PSSI 5 Tahun, Shin Tae-yong Gembira

Tak terkecuali para pesepak bola top dunia yang beragama Islam. Melalui pamornya, para pesepak bola Muslim ini sebagian besar memberi dukungan ke Palestina.

Terkadang, dukungan ini bahkan harus membuat para pemain Muslim ini mendapat hukuman dari organisasi sepak bola entah FIFA atau UEFA yang menganggap sikap mereka bermuatan politik.

Namun seakan tak peduli dengan hukuman atau sanksi yang akan didapatkan, para pemain Muslim ini tetap menyuarakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Kabar Gembira Mendadak, FIFA Jatuhkan Sanksi untuk Israel selama 5 Tahun

Berikut Bolatimes.com sajikan deretan pesepak bola yang secara terang-terangan mendukung kemerdekaan Palestina.

1. Frederic Kanoute

Frederic Kanoute merupakan pesepak bola Muslim asal Mali. Kala membela Sevilla pada 2009 silam, ia pernah berselebrasi dengan memberikan dukungan kepada Palestina.

Baca Juga:
Mengapa Real Madrid Dijuluki Los Blancos? Ini Kisah dan Asal Usulnya

Dukungan itu ia berikan dengan kaus bertuliskan Palestina di balik jersey Sevilla yang ia kenakan. Karena dukungannya ke Palestina itu, Kanoute mendapat kartu kuning dan denda puluhan juta rupiah.

2. Paul Pogba

Paul Pogba juga merupakan pesepak bola Muslim yang kerap memberikan dukungan untuk kemerdekaan Palestina, lewat media sosial maupun di lapangan.

Baca Juga:
Indra Sjafri Ungkap Alasan Timnas Indonesia U-22 Batal Lawan Tajikistan dan China

Di media sosial, Pogba menggunakan Platform-nya untuk mendukung Palestina dengan mengajak pengikutnya memberikan doa. Di lapangan, ia juga pernah mengibarkan bendera Palestina pasca laga.

3. Mesut Ozil

Mesut Ozil juga menjadi pesepak bola Muslim top yang mendukung kemerdekaan Palestina, baik di media sosial dan di lapangan.

Di lapangan, ia pernah menggunakan kaus menampilkan tulisan ‘Bebaskan Palestina’. Dukungannya terhadap sesama Muslim pun juga ditunjukkannya untuk Uighur.

4. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez juga kerap menggaungkan kebebasan dan kemerdekaan Palestina menggunakan media sosialnya, baik Instagram maupun Twitter.

Di Twitter, penyerang Manchester City ini pernah menampilkan kicauan dengan tagar #SavePalestine dan #SaveSheikhJarrah.

5. Sadio Mane

Sadio Mane merupakan seorang Muslim yang taat. Sebagai pesepak bola, ia juga kerap memberikan dukungannya ke Palestina.

Hal ini diketahui dari media sosialnya, di mana Sadio Mane pernah mengunggah sebuah foto Masjid Al-Aqsa dengan tulisan ‘Bebaskan Palestina’.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More