Arif Budi Setyanto
Logo FIFA. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Beda nasib dialami Indonesia dan Vietnam terkait dana bantuan dari FIFA yang disebut FIFA Forward.

Indonesia sebelumnya dicabut haknya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Imbasnya PSSI terkena sanksi administrasi sehingga untuk sementara tidak bisa menerima bantuan dari dana FIFA Forward.

Sanksi itu diberikan selepas Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Ginni Infantino di Paris, Prancis, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga:
Seret Timnas Indonesia U-22, Malaysia Sombong Bakal Raih Medali Emas SEA Games 2023

"Saya hanya bisa berucap, Alhamdulillah, atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia khususnya para pecinta sepakbola, Indonesia bisa terhindar dari sanksi berat pengucilan dari sepakbola dunia. Istilahnya, Indonesia hanya mendapat kartu kuning, tidak kartu merah," kata Erick Thohir dikutip dari laman PSSI.

"Setelah saya menyampaikan pesan Presiden Jokowi, dan menjelaskan cetak biru sepakbola kita, FIFA hanya memberikan sanksi administrasi berupa pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI. Hal itu akan direview kembali setelah FIFA mempelajari strategi besar pengembangan sepak bola Indonesia," imbuhnya.

Berbeda dari Indonesia, Vietnam justru merasakan berkah dari dana FIFA Forward 3.0 yang cair. VFF selaku induk sepak bola Vietnam menggunakan itu untuk meningkatkan fasilitas.

Baca Juga:
Media Vietnam Sinis dengan Taktik Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Anggap Serius Bidik Medali Emas

"Berkat bantuan FIFA Forward 30, fasilitas VFF telah ditingkantkan untuk pengembangan sepak bola." tulis laporan The Thao247 disadur Selasa (11/4/2023).

Imbas positif yang diterima Vietnam itu dibuat untuk menambah kamar di asrama pusat pelatihan timnas yang menghabiskan dana mencapai lebih dari 500 ribu dolar atau RP8,1 miliar.

"Terbaru (VFF) merenovasi asrama untuk para pemain timnas. Investasi ini sebesar 547.509 dolar yang telah menghasilkan 19 kamar baru di asrama," imbuh laporan itu.

Baca Juga:
Dapat Panggilan Lagi, Ini Ambisi Alfeandra Dewangga Bareng Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Sementara itu, Presiden VFF Tran Quoc Tuan mengucapkan terima kasih terhadap FIFA dengan bantuan yang telah diberikan untuk sepak bola Vietnam.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Jadi Lawan di SEA Games 2023, Kamboja Akui Tak Akan Takut

Load More