Irwan Febri Rialdi
Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Jepang dan Vietnam U-19. (AFP/Nhac NGUYEN)

Bolatimes.com - Fakta menarik ada pada diri pelatih Timnas Vietnam dan Vietnam U-23, Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis itu merupakan seorang mualaf dan sudah cukup lama memeluk agama Islam.

Nama Troussier sendiri sudah tidak asing di sepak bola Asia karena mampu membawa Jepang menembus babak 16 besar Piala Dunia 2002.

Persiapan Troussier bersama Jepang sendiri tidak sebentar, ia mempersiapkan tim Samurai Biru sejak 1998 hingga akhirnya mampu membikin sejarah di Piala Dunia 2002.

Baca Juga:
5 Pelatih yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho hingga Carlo Ancelotti

Setelah meninggalkan jabatannya di Timnas Jepang, Troussier lantas menukangi sejumlah tim mulai dari Qatar, Marseille hingga Maroko pada 2005.

Pelatih baru Vietnam, Philippe Troussier.(Soha.vn)

Saat menjadi pelatih Maroko yang mayoritas berpenduduk umat Muslim itu, Troussier menemukan kedamaian dengan Islam hingga akhirnya menjadi mualaf.

Meski gagal membawa Maroko berprestasi dan cuma bekerja selama lima bulan, kesempatan melatih tim Singa Atlas itu menjadi momen bersejarah bagi pelatih kelahiran Paris tersebut.

Baca Juga:
Beredar Video Cristiano Ronaldo Marah-marah usai Al Nassr Ditahan Imbang Al Feiha

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, Troussier pun mengubah namanya dari Philippe Bernard Victor Troussier menjadi Philippe Omar Troussier.

Menurut sejumlah kabar yang beredar, istri dari Philippe Troussier juga telah menjadi mualaf. Sang istri turut mengganti namanya dari Dominique menjadi Amina.

Kendati sudah menjadi mualaf, Troussier sengaja untuk tidak terlalu menunjukkan keislamannya kepada publik. 

Baca Juga:
Soal Kontrak Shin Tae-yong, Erick Thohir: Duduk Ulang, Saya Akan Meminta Lebih

Troussier pun memutuskan untuk rehat sejenak dari hingar bingar sepak bola usai memeluk agama Islam. Ia baru melatih kembali pada 2008 dengan menukangi tim Jepang, FC Ryukyu.

Setelah berpetualang ke beberapa klub, Troussier sempat ditunjuk menjadi pelatih Vietnam U-19 pada 2019 hingga 2021.

Sempat menganggur selama dua tahun, Philippe Troussier ditunjuk menggantikan Park Hang-seo untuk melatih Vietnam senior dan Vietnam U-23.

Baca Juga:
Bukan Vietnam atau Indonesia, Eks Pelatih Timnas Thailand Jagokan Negara Ini Juarai SEA Games 2023

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More