Arif Budi Setyanto
Asnawi Mangkualam berseragam Jeonnam Dragons (Instagram/jeonnamdragons_fc)

Bolatimes.com - Pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan melakukan eksperiman terhadap Asnawi Mangkualam. Menariknya langkah tak terduga ini berbuah manis karena bek timnas Indonesia ini tampil apik.

Asnawi Mangkualam merupakan pemain yang sering beroperasi di bek kanan. Ia pun menjadi andalan Shin Tae-yong di sektor tersebut ketika membela timnas Indonesia.

Siapa sangka, Lee Jang-kwan melakukan eksperimen mengejutkan dengan memasang Asnawi di bek kiri. Menariknya, pemain berusia 23 tahun ini malah moncer.

Baca Juga:
3 Alasan Dirtek Garuda Select Cocok Latih Timnas Indonesia U-17, Pengalaman Level Dunia

Eks PSM Makassar ini bermain sebagai bek kiri ketiga Jeonnam Dragons bertanding melawan Seongnam, Sabtu (8/4/2023).

Hebatnya Asnawi berhasil membukukan dua assist. Pertama kala ia memperdaya bek lawan sebelum mengirim umpan untuk Valdivia yang mencetak gol di menit ke-55.

Gol kedua Jeonnam Dragons juga berawal dari umpan Asnawi. Ia mengirim bola lambung yang mampu dikonversi jadi gol oleh Ha Nam.

Baca Juga:
Prestasi Gemilang, Dirtek Garuda Select Dikaitkan dengan Kursi Pelatih Timnas Indonesia U-17

Lee Jang-kwan sendiri mengatakan bahwa performa Asnawi sudah impresif. Namun, ia memberikan nasihat agar permainan bek berusia 23 tahun ini lebih matang.

"Asnawi bermain di kanan, tapi sekarang dia main di kiri. Jadi dia melakukan banyak permainan masuk ke dalam. Dia sedang menyesuaikan diri, tapi saya yakin itu akan menjadi lebih baik," ujar Lee Jang-kwan dikutip dari Best Eleven, Minggu (9/4/2023).

Adapun Asnawi disebut bakal menjadi pemain hebat jika dirinya bisa mengontrol tempo permainan.

Baca Juga:
Profil Jose Mendy, Bek Kiri Senegal yang Jadi Penutan Felix Kamuru di Garuda Select

"Dia punya kelebihan. Namun, saya pikir dia akan menjadi pemain hebat jika terus melakukan hal seperti mengatur tempo. Jika dia bisa mengontrol tempo dengan baik, Asnawi akan menjadi pemain hebat," imbuhnya.

Sementara itu, Jeonnam Dragons gagal menang walaupun Asnawi sudah mencetak dua assist. Mereka ditahan 2-2 oleh Seongnam.

Baca Juga:
8 Jebolan Garuda Select yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 untuk TC SEA Games 2023

Load More