Husna Rahmayunita
Timnas Lebanon U-22. (dok. FA Lebanon)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memastikan bahwa anak asuhnya akan menghadapi Timnas Lebanon U-22 sebagai lawan uji coba internasional menjelang gelaran SEA Games 2023.

Menurut Indra Sjafri, Timnas Lebanon U-22 menjadi salah satu dari empat lawan uji coba yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 menuju SEA Games 2023.

Dari semua tim yang diajak untuk menjadi lawan uji coba, Indra Sjafri mengakui bahwa hanya Timnas Lebanon yang setuju dengan tawaran Timnas Indonesia U-22 tersebut.

Baca Juga:
Mengenal Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru yang Masih Berusia 32 Tahun

"Nanti kita sudah mendesain program dengan uji coba internasional empat kali, dengan Lebanon dan Tajikistan," kata Indra Sjafri setelah memimpin sesi latihan di lapangan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

"Tapi yang sudah konfirmasi pasti itu Lebanon. Tajikistan dan China yang kita minta lagi menunggu konfirmasinya."

Kemungkinan pertandingan antara Timnas Indonesia vs Lebanon akan berlangsung 11 dan 13 April 2023.

Baca Juga:
Unik, Ada 3 Pemain Israel di Liga Palestina dan 1 Pemain Palestina di Liga Israel

"Jadi kalau Lebanon, kami perkirakan pertandingan pertamanya nanti di tanggal 11 dan pertandingan kedua di tanggal 13," kata Indra Sjafri.

Profil Timnas Lebanon U-22

Timnas Lebanon U-22 merupakan kesebelasan yang berada di bawah wewenang Federasi Sepak Bola Lebanon. Tim ini juga disebut sebagai tim nasional Olimpiade Lebanon karena sering mewakili di ajang-ajang olimpiade.

Baca Juga:
Olimpiade 2024 Bisa Jadi Panggung Pemain Timnas Indonesia U-20 usai Batal Tampil di Piala Dunia U-20

Biasanya, Timnas Lebanon U-22 diterjunkan di ajang Olimpiade hingga Asian Games. Selain itu, mereka juga menjadi peserta Piala Asia U-23.

Meskipun demikian, sepanjang sejarah penyelenggaraan Olimpiade, Timnas Lebanon U-22 memang belum pernah sekalipun lolos kualifikasi. Hal serupa juga berlaku pada ajang Piala Asia U-23.

Dari lima kali partisipasi di Kualifikasi Piala Asia U-23, yakni mulai periode 2013 hingga 2022, Timnas Lebanon U-22 belum pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil di putaran final.

Baca Juga:
Reaksi AFC usai Serangan Brutal Tentara Israel ke Sepak Bola Palestina, Bukan Dorong FIFA untuk Jatuhkan Hukuman Tapi...

Biasanya, mereka hanya mengikuti ajang-ajang lokal seperti Piala WAFF U-23, yakni turnamen yang mempertemukan negara-negara Asia Barat.

Namun, prestasi yang dibukukan Timnas Lebanon U-22 memang masih jauh dari harapan. Mereka hanya bisa mengakhiri persaingan di fase penyisihan grup.

Sementara itu, partisipasi Timnas Lebanon U-22 di Asian Games juga tidak terlalu mentereng. Di pesta olahraga terbesar antarnegara Asia ini, Lebanon hanya sekali berpartisipasi.

Momen itu terjadi pada Asian Games 2002 saat berlangsung di Busan, Korea Selatan. Ketika itu, mereka hanya bisa berjuang hingga fase grup karena gagal lolos ke babak berikutnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More