Rauhanda Riyantama
Cristiano Ronaldo cetak dua gol saat Portugal lumat Liechtenstein 4-0 di Kualifikasi Euro 2024. (AFP)

Bolatimes.com - Daftar lima pemain dengan penalti terbanyak di dunia, Cristiano Ronaldo masih teratas mengungguli rival abadinya yang kini menjadi andalan Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi.

Lima pemain top dunia menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di level Eropa, salah satunya berasal dari eksekusi penalti.

Perkara mengeksekusi penalti bukan urusan yang mudah, bahkan seorang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pernah gagal dalam mengonversinya.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Lawan Ranking 100 Besar di FIFA Macthday Juni 2023

Meski begitu, lima pemain top mampu menempatkan nama mereka sebagai pencetak gol terbanyak lewat eksekusi penalti.

Lantas siapa saja pemain yang dimaksud? berikut sederet pemain top dunia yang berhasil mencetak banyak gol dari titik 12 pass.

1. Cristiano Ronaldo (146 Gol)

Baca Juga:
Tuai Penolakan, Israel Makin Tak Sabar Tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia

Pemain Portugal ini menjadi sosok yang paling sering mendapatkan hadiah penalti dengan riwayat membela tim-tim top Eropa.

Termasuk Manchester United, Real Madrid, Juventus dan Sporting CP serta teranyar Al-Nassr, hingga mampu menorehkan 146 gol lewat eksekusi penalti.

2. Lionel Messi (108 Gol)

Baca Juga:
PSSI-nya Israel Buka Suara Terkait Polemik Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Messi memang layak disebut sebagai rival abadi Ronaldo, termasuk soal perolehan gol dari titik penalti dengan torehan 108 golnya.

Catatan tersebut dibuat Messi lewat eksekusi penalti, selisih 38 gol dari titik putih masih harus dibuat Messi jika ingin melampaui perolehan Ronaldo.

3. Francesco Totti (86 Gol)

Baca Juga:
PSSI Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik ke-150, Paling Tinggi Sejak 2012

Sepanjang sejarah Pangeran Roma bermain sebagai pesepak bola profesional medio 1993-2017, Totti sukses mencetak 307 gol dengan 86 gol dari eksekusi penalti.

Catatan itu hanya bisa dilampaui Messi dan Ronaldo yang masih bermain saat ini, sedangkan Totti sudah pensiun pada Juli 2017 lalu dengan menorehkan total 785 laga.

4. Zlatan Ibrahimovic (84 Gol)

Ibrahimovic masih menggantung masa pensiunnya, hanya demi bermain untuk AC Milan setelah petualangan panjang di level Eropa sejak aktif mulai 1999 silam.

Penyerang bertinggi 1,95 meter itu sukses mencetak 84 gol dari titik penalti, hanya butuh dua gol lagi untuk menyamai torehan Totti atau melampauinya.

5. Alessandro Del Piero (77 Gol)

Pangeran Timnas Italia yang namanya menjadi legenda Juventus, bermain untuk La Vechhia Signora sejak 1993 hingga 2012 dengan total masa bakti selama 19 tahun.

Memiliki 91 caps bersama timnas Italia, Del Piero sukses mencetak 77 gol dari titik penalti sebelum memutuskan pensiun dari sepak bola.

Kontributor: Eko
Load More