Rauhanda Riyantama
Potret Bojan Krkic dan Lionel Messi saat berseragam Barcelona. (AFP)

Bolatimes.com - Karier Bojan Krkic di dunia sepak bola berakhir tragis. Sempat dijuluki The Next Messi, ia kini justru memilih pensiun dini di usia yang masih cukup produktif, yakni 32 tahun.

Bojan yang merupakan mantan pemain Barcelona, memutuskan pensiun pada Kamis (23/3/2023) setelah meninggalkan klub kasta tertinggi Liga Jepang, Vissel Kobe pada Januari lalu.

Barcelona menggelar sebuah acara penghormatan untuk Bojan Krkic di Camp Nou, yang merupakan tempat dia mengumumkan keputusannya untuk pensiun setelah 16 tahun menjalani karier profesional.

Baca Juga:
Beda dengan Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Kim Pan-gon Ternyata Jago Bahasa Inggris

"Keputusan ini sangat sulit diambil. Saya sudah 12 tahun jauh dari rumah dan secara profesional saya sudah memenuhi semuanya," kata Bojan di Barca TV, dilansir dari Antara.

"Saya ingin menikmati bab selanjutnya dalam hidup saya dan dengan dengan keluarga. Saya tidak pensiun karena masalah fisik,'' tegasnya.

Bojan kemudian mengungkapkan alasan memutuskan pensiun. Pemain asal Spanyol itu ingin memalakukan aktivitas lain dan tidak terus bermain sepak bola.

Baca Juga:
FIFA Matchday: Malaysia Permalukan Turkmeniskan 1-0 Berkat Finishing Dingin Pemain Rp 2,6 Miliar

Potret Bojan Krkic dan Lionel Messi saat berseragam Barcelona. (AFP)

"Saya tiga kali alami cedera, tetapi saya sudah pulih, kondisi saya 100 persen. Ini masalah perasaan, realita. Saya lebih bersemangat melakukan aktivitas lain dibandingkan terus bermain sepak bola. Saya berterima kasih dengan seluruh pengalaman yang saya alami," tambahnya.

"Saya telah bermain untuk Barcelona, bermain dengan pemain-pemain hebat, saya memenangkan banyak trofi dan bermain di liga lainnya. Sekarang saya siap mencoba hal-hal baru,'' lanjutnya.

Bojan adalah jebolan akademi Barcelona, La Masia dan mencetak 900 gol di tingkat junior hingga sempat digadang-gadang menjadi The Next Lionel Messi oleh media saat itu.

Baca Juga:
Jordi Amat Puji Strategi Shin Tae-yong untuk Lawan Burundi di FIFA Matchday

Dia kemudian menembus tim utama Barcelona dan meraih banyak trofi, dia mencetak 41 gol dalam 163 penampilan dalam kurun waktu empat musim di tim utama Barca.

Namun, kariernya mulai meredup karena cedera dan kesehatan mental. Dia mengungkapkan bahwa dia sering mengalami serangan kecemasan karena mendapatkan banyak soroton setelah melakukan debut di tim senior Barcelona.

Bojan Krkic kemudian dipinjamkan Barcelona ke AC Milan dan Ajax sebelum gabung Stoke City secara permanen pada 2014. Kemudian pada 2021, ia gabung Vissel Kobe bersama kompatriotnya di Barcelona, Andres Iniesta. 

Baca Juga:
Singgung Amanat Bung Karno, Ganjar Pranowo Tegas Tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023

Load More