Rauhanda Riyantama
Striker Timnas Jepang U-20, Naoki Kumata. (Twitter)

Bolatimes.com - Naoki Kumata berhasil jadi top skor di Piala Asia U-20 2023. Ia tampil impresif bersama Jepang U-20 meski pada akhirnya gagal mengantarkan timnya jadi juara.

Jepang sebetulnya tampil impresif di babak penyisihan grup dengan meraih tiga kemenangan dari tiga laga. Langkah mereka di babak 16 besar pun mulus usai menyingkirkan Yordania 2-0.

Namun langkah Jepang harus terhenti di babak semifinal usai disingkirkan oleh Irak. Kedua tim bermain sengit hingga skor imbang 2-2 bertahan hingga dua babak tambahan waktu.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol Semalam: Barcelona Pecundangi Real Madrid di El Classico

Di babak adu penalti, Jepang harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 3-5. Di akhir turnamen, Jepang membawa oleh-oleh lewat penghargaan individu setelah Naoki Kumata menjadi top skor dengan lima gol.

Kumata mengoleksi lima gol dari lima pertandingan. Ini menjadi sinyal berbahaya buat Timnas Indonesia U-20 dan lawan-lawan di Piala Dunia U-20 2023 tentang bagaimana berbahayanya striker Jepang tersebut.

Lantas, siapa sebetulnya Naoki Kumata ini? Berikut ulasan profilnya!

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Napoli Hajar Torino, Juventus Pecungani Inter Milan

Profil Naoki Kumata

Pesepakbola kelahiran kota Fukushima pada 2 Agustus 2004 ini mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi FC Tokyo pada 2019 lalu.

Total tiga tahun lamanya Kumata menimba ilmu di akademi FC Tokyo hingga akhirnya direkrut menjadi bagian dari Tim U-15 FC Tokyo pada 2021.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Hajar Crystal Palace 1-4, Arsenal Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Tidak butuh waktu lama buat Naoki Kumata menarik perhatian manajer FC Tokyo pada 2021, Albert Puig, untuk memanggilnya ke tim utama FC Tokyo. Dari sini kariernya semakin berkembang.

Kumata lantas melakoni debutnya buat tim utama FC tokyo pada 18 Mei 2022 di pentas J.League Cup. Di tahun itu, ia kembali mentas di J.League Cup.

Di laga kedua melawan Avispa Fukuoka, Kumata dipercaya turun 90 menit penuh. Namun ia gagal mencetak gol dan mendapat satu kartu kuning di menit 66.

Baca Juga:
Rekap Hasil Final All England 2023: Fajar / Rian Juara usai Menangi Perang Saudara Lawan Hendra / Ahsan

Meski begitu, Kumata tampil impresif bersama U-18 FC Tokyo. Ia mampu memborong 19 gol dari 19 penampilan di kejuaraan U-18 pada musim 2022.

Di timnas Jepang U-20, Naoki Kumata juga tampil impresif. Ia pernah mencetak gol ke gawang Slovakia U-20 dan Prancis U-20 di laga persahabatan pada November 2022.

Jika ditotal, Naoki Kumata sudah mencatatkan 10 penampilan buat Jepang U-20 dengan torehan 8 gol. Lima di antaranya ia cetak di ajang Piala Asia U-20 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More